Salin Artikel

Potongan Tubuh Korban Ledakan di Ponggok Blitar Ditemukan 150 Meter dari Lokasi Kejadian

Salah satu titik terjauh adalah temuan tengkorak kepala salah satu korban yang ditemukan sekitar 150 meter atau lebih dari rumah Darman (65) di Dusun Tegalrejo alias Sadeng, Desa Karangbendo, yang merupakan sumber ledakan pada Minggu (19/2/2023) malam.

"Ada tengkorak kepala di depan rumah warga, di sisi barat dari sumber ledakan. Kemudian potongan kaki di sebelah timur sumber ledakan," ujar Personel Basarnas Trenggalek Eko Hasyim di lokasi, Senin (20/2/2023).

"Ada juga organ paru dan hati yang kami temukan di atap rumah warga," tambahnya.

Sejauh ini, polisi memastikan empat orang tewas dan 11 korban luka-luka akibat ledakan tersebut.

Selain Darman, tiga korban tewas adalah Aripin, Widodo, dan Wawa. Mereka berjenis kelamin laki-laki dengan rentang usia 20 hingga 30 tahun.

Aripin dan Widodo adalah anak Darman, sedangkan Wawa adalah keponakan Darman.

"Tiga yang kemungkinan ada di dalam rumah ketika terjadi ledakan tubuhnya hancur," ujarnya.


Meski belum dapat memastikan penyebab ledakan, Argo menduga ledakan berasal dari bubuk mesiu peledak petasan atau mercon.

Dugaan itu, kata Argo, didasarkan dari keterangan warga sekitar bahwa Darman dan anak-anaknya dikenal sebagai peracik bahan peledak petasan.

Mereka, lanjutnya, biasa berjualan petasan atau peledak petasan menjelang bulan puasa Ramadhan.

"Yang pasti kekuatan ledakan sangat besar," ujar Argo merujuk fakta kerusakan hingga jarak lebih dari 500 meter dari sumber ledakan.

Hingga berita ini ditulis, proses pencarian serpihan tubuh korban berukuran kecil masih terus dilakukan.

Ledakan hebat terjadi pada Minggu (19/2/2023) sekitar pukul 22.30 WIB di Dusun Tegalrejo alias Sadeng, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Lokasi ledakan berlokasi sekitar 20 kilometer di Kota Blitar ke arah utara.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/20/140634978/potongan-tubuh-korban-ledakan-di-ponggok-blitar-ditemukan-150-meter-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke