Salin Artikel

500 Lebih Atlet Peraih Medali di Porprov Jatim 2022 Belum Terima Bonus, Pemkot Surabaya Minta Maaf

Belum dibayarkannya sejumlah bonus kepada para atlet itu karena cabang olahraga (Cabor) dan nomor yang dipertandingkan pada Porprov 2022 ada penambahan.

Selain itu, banyaknya medali yang diperoleh para atlet asal Kota Pahlawan ini melebihi prestasi pada tahun 2019.

"Waktu itu di awal kami mengalokasikan Rp 10 miliar. Nah, karena tahun 2022 ini jumlah peraih medali baik emas, perak dan perunggu yang semakin banyak, maka bonus yang diberikan juga semakin banyak," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya, Wiwiek Widayati saat dihubungi, Jumat (15/9/2022).

Wiwiek menuturkan, pemberian bonus kepada para atlet ini membutuhkan penambahan anggaran.

Karena itu, untuk kebutuhan alokasi penambahan anggaran itu, Pemkot Surabaya mengajukannya melalui perubahan anggaran keuangan (PAK).

"Oleh karena itu kami usulkan melalui PAK. Untuk itu, saya menyampaikan permohonan maaf atas penundaan pemberian bonus kepada para atlet-atlet pahlawan olahraga ini. Insya Allah semuanya segera kita selesaikan," ujar dia.


Setidaknya, ada 500 lebih atlet dari sekitar 40 cabor yang meraih medali pada gelaran Porprov Jatim tahun 2022.

Dengan banyaknya jumlah atlet ini, Wiwiek mencatat, total anggaran yang dibutuhkan untuk pemberian bonus kepada para atlet lebih dari Rp 10 miliar.

"Jadi lebih dari angka semula yang kita alokasikan Rp 10 miliar itu. Karena total ada 500 lebih atlet perorangan maupun beregu yang harus kita berikan bonus. Baik itu yang mendapatkan juara emas, perak dan perunggu," jelas dia.

Karena alasan itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyampaikan permohonan maaf karena belum bisa memberikan bonus seawal mungkin bagi para atlet berprestasi pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022.

Sebab, saat ini pemkot masih mengalokasikan besaran kebutuhan bonus bagi para atlet berprestasi melalui PAK tahun 2022.

"Atas nama pemerintah kota dan saya secara pribadi, kami meminta maaf karena belum bisa memberikan bonus sedini mungkin. Karena kami sekarang masih mengalokasikan kebutuhan untuk bonus atlet melalui PAK," tutur Wiwiek.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/16/153444478/500-lebih-atlet-peraih-medali-di-porprov-jatim-2022-belum-terima-bonus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke