Salin Artikel

Kostum Panggung Titiek AR, Personel Band Dara Puspita Jadi Benda Cagar Budaya

Kostum tersebut kini tersimpan di Museum Musik Indonesia (MMI), Jalan Nusakambangan, Kota Malang, Jawa Timur.

Dulu, kostum itu pernah digunakan untuk manggung saat Dara puspita menggelar tur di Belanda pada 1970.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, Pemkot Malang mengapresiasi pihak yang terlibat dalam upaya pelestarian aset benda dan bangunan cagar budaya.

Menurutnya, warisan yang tak ternilai itu penting sebagai pembelajaran dan pelestarian untuk generasi muda di masa depan.

"Ada perjuangan banyak pihak dibalik upaya pelestarian aset sejarah Kota Malang. Alhamdulillah warisan yang tak ternilai ini semoga lestari untuk pembelajaran kita dan masa depan anak cucu," kata Sutiaji di Malang, Minggu (22/5/2022).

Sutiaji mengatakan, Pemkot Malang terus berusaha untuk komitmen memberikan perlindungan terhadap warisan sejarah Kota Malang.

Terbaru, Pemkot Malang menetapkan 47 cagar budaya pada Jumat (20/5/2022).

Selain kostum band legendaris Dara Puspita, terdapat pula Yoni Mertojoyo. Lainnya juga seperti Prasasti Widodaren I dan II serta Arca Adhi Kuranandin yang dimiliki Hotel Tugu.

Adapun empat aset lainnya berupa bangunan yaitu The Shalimar Boutique Hotel, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Bromo, SD Kristen Brawijaya dan Fendy's Homestay.

"Jadi dari tahun 2018-2022, Pemkot Malang sudah menetapkan total ada 78 aset cagar budaya, sebelumnya di tahun 2018 sudah ada 31 cagar budaya, itu seperti Balai Kota Malang, Gedung Bank Indonesia, Gereja Ijen, dan Sekolah Cor Jesu," katanya.


Pemkot Malang berjanji terus melakukan pelestarian dan perlindungan dengan menetapkan status cagar budaya kepada aset sejarah lainnya. Salah satunya, melalui kolaborasi antara Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang, akademisi, dunia usaha, dan berbagai elemen masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dikbud) Kota Malang Suwarjana mengatakan, akan terus mendorong penetapan cagar budaya, baik aset milik Pemkot Malang atau milik perorangan.

Sedangkan 47 cagar budaya yang telah ditetapkan sebelumnya melalui proses pengusulan oleh dinas terkait dengan dibantu oleh surveyor, kajian oleh TACB hingga adanya Surat Keputusan Wali Kota Malang.

Ke depan, dia menargetkan ada sekitar 20 cagar budaya baru yang ditetapkan setiap tahunnya.

"Yang jelas setiap tahun pasti kita akan menambah karena kita punya TACB, itu yang kita manfaatkan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/22/145500778/kostum-panggung-titiek-ar-personel-band-dara-puspita-jadi-benda-cagar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke