Salin Artikel

Masuk Pancaroba, BPBD Kabupaten Malang Imbau Masyarakat Waspada Potensi Bencana

Sebab, wilayah Jawa Timur, termasuk Kabupaten Malang mulai memasuki masa pancaroba.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, pihaknya menetapkan status siap siaga hingga akhir April.

“Sesuai prediksi cuaca dari BMKG, saat ini masih masa pancaroba. Jadi waspada terkait bencana yang tiba. Kalau hujan hindari keluar rumah dan berkendara, karena potensi pohon tumbang,” ungkapnya saat ditemui, Senin (11/4/2022).

Kabupaten Malang merupakan salah satu wilayah yang rawan terjadi bencana saat hujan disertai angin. Berdasarkan catatan BPBD Kabupaten Malang, selama kurun waktu 2022 ini, terhitung sudah ada 24 kejadian bencana alam.

"Dari sekian bencana alam itu bencana angin kencang paling mendominasi. Sehingga menyebabkan pohon tumbang dan kerusakan rumah warga," tuturnya.

Jumlah bencana itu, diketahui lebih banyak dibanding catatan bencana pada 2021, dalam kurun waktu yang sama.

"Saya berharap, masyarakat terus waspada. Sebab, ada kemungkinan musim pancaroba ini berlangsung hingga bulan Juni. Pengalaman lalu bisa sampe bulan Juni,” jelasnya.

Secara rinci, Sadono menguraikan wilayah-wilayah di Kabupaten Malang yang memiliki potensi terjadi angin kencang masih sama seperti tahun sebelumnya. Di antaranya, Kecamatan Karangploso, Singosari, Pakis, Jabung, Tumpang, Tajinan, hingga Wajak.

“Yang paling tinggi atau sering itu Karangploso, Singosari, Pakis dan Jabung. Kalau di 2021 Jabung dan Pakis yang paling tinggi," jelasnya.

Prakirawan BMKG Karangploso Kabupaten Malang Edythya Ferlani W membenarkan bahwa saat ini masuk pada masa pancaroba.

Ia menyebut, masa pancaroba tersebut ditandai dengan situasi cuaca yang sangat terik pada pagi hingga siang. Kemudian hujan lebat ketika sore hingga malam hari.

"Hujan lebat itu biasanya disertai angin kencang dan petir," tuturnya melalui pesan singkat, Senin (11/4/2022).

"Hari ini, Senin (11/4/2022) wilayah Malang sore hari harap waspada hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang," jelas Edythya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/12/122827878/masuk-pancaroba-bpbd-kabupaten-malang-imbau-masyarakat-waspada-potensi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke