Salin Artikel

Mudik Lebaran 2022, Polri Akan Sediakan Posko Vaksinasi bagi Pemudik yang Belum Vaksin Lengkap

SURABAYA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengizin masyarakat untuk mudik pada Lebaran tahun ini.

Namun, pemudik harus sudah divaksin lengkap dan mendapat booster atau vaksinasi dosis ketiga.

Kepala Polri (Kapolri) Jendral Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan akselerasi vaksinasi di jalur-jalur yang dilewati para pemudik.

Agar masyarakat bisa tetap mudik ke kampung halaman, warga yang belum menerima vaksin dosis lengkap akan bisa mengikuti vaksinasi di posko mudik Lebaran 2022 yang tersebar di seluruh daerah.

Hal ini diberikan kepada warga yang belum melaksanakan vaksin dosis lengkap maupun vaksin booster.

"Di jalur jalur mudik nanti akan kita siapkan pos-pos yang memberikan pelayanan vaksinasi tambahan," kata Listyo di Hotel Wyndham, Surabaya, Sabtu (26/3/2022).

Listyo mengatakan, pendirian pos pelayanan vaksinasi tambahan ini dilakukan karena memang masyarakat yang disarankan untuk mudik menerima vaksin dosis lengkap plus vaksin penguat alias booster.

Sebab, setibanya di kampung halaman nanti, masyarakat yang mudik ini akan bertemu keluarga besar, termasuk lansia.

"Yang sudah vaksin tiga kali jauh lebih baik, khususnya para lansia yang menjadi kunjungan mudik. Karena ini memang usia-usia rentan yang harus kita jaga. Ini akan kita lakukan strategi-strategi untuk melakukan peningkatan terhadap vaksinasi," ucap Listyo.

Agar pelaksanaan mudik tahun ini bisa berjalan dengan lancar, Polri berkomitmen untuk menjalankan kebijakan terkait dengan persyaratan mudik.

Meski para pemudik sudah mendapat vaksin dosis lengkap, Listyo juga mendorong kepada warga yang belum mendapat vaksin booster agar segera mendatangi lokasi pemberian vaksin booster.

"Ini agar kita semua bisa terbebas dari itu (Covid-19). Kita akan dorong bagi masyarakat yang ingin booster dan sudah waktunya silakan datang ke lokasi untuk melaksanakan vaksin booster," tutur dia.

Dengan sejumlah pelonggaran yang diberlakukan, seperti kegiatan ibadah saat Ramadhan yang kembali normal, diharapkan aktivitas masyarakat ini dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi.

"Namun di satu sisi kami terus menjaga protokol kesehatan dan juga kondisi kesehatan masyarakat tetap terjaga. Oleh karena itu, akselerasi vaksinasi terus akan kita tingkatkan," imbuh Listyo.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/26/175644878/mudik-lebaran-2022-polri-akan-sediakan-posko-vaksinasi-bagi-pemudik-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke