Salin Artikel

Pria Diduga WN India Ditahan karena Tak Punya Paspor, Mengaku Jalani Ritual di Indonesia

Kepada petugas keimigrasian, WN India tersebut mengaku menjalani rangkaian ritual budaya di berbagai tempat di Indonesia sejak empat tahun terakhir.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Blitar Arief Yudistira mengatakan, pihaknya menahan seorang pria yang diduga kuat warga negara (WN) India karena tidak dapat menunjukkan paspor.

"Kami tangkap yang bersangkutan pekan lalu di wilayah Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar," ujar Arief di Blitar, Jumat (25/2/2022).

Saat ditangkap, kata Arief, pria tersebut tidak dapat menunjukkan dokumen keimigrasian seperti dokumen perjalanan dan paspor.

"Sampai sekarang kami tidak menemukan dokumen-dokumen tersebut. Sudah kami cari di penginapan dan di tas ransel, tidak ada dokumen paspor," kata dia.

Menurut Arief, meski tidak menemukan identitas dan paspor, pihaknya dapat memiliki sejumlah bukti bahwa pria tersebut adalah warga negara India.

Arief tidak menyebutkan bukti yang dimaksud tapi menyatakan bahwa ciri-ciri fisik pria tersebut menunjukkan ciri-ciri fisik warga India.

"Tampilan fisik yang bersangkutan memang India dan juga fasih berbahasa India," ujarnya.

Pihaknya, kata Arief, sedang dalam proses meminta konfirmasi ke pihak Kedutaan India di Indonesia untuk memastikan identitas pria tersebut.

Jalani ritual budaya

Arief mengatakan, pria tersebut mengaku sudah empat tahun berada di Indonesia untuk menjalani suatu ritual budaya atau ritual keagamaan.

Pria itu mengaku sudah menjalani ritual di sejumlah tempat seperti Medan, Bali, Pangandaran, Malang, dan Blitar.

"Jadi yang bersangkutan juga sudah lancar berbahasa Indonesia," kata dia.

Menurut Arief, pihaknya menduga pria tersebut sengaja menghilangkan dokumen-dokumen keimigrasiannya terutama paspor untuk tujuan tertentu.

"Kami masih melakukan pendalaman penyelidikan kasus ini. Pada saat segera kami sampaikan detailnya," kata Arief.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/25/125443178/pria-diduga-wn-india-ditahan-karena-tak-punya-paspor-mengaku-jalani-ritual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke