Salin Artikel

Dam Gambiran di Lumajang Jebol, 300 Hektar Sawah di 3 Desa Kekeringan

Lahan persawahan yang kering tersebut ada di Desa Boreng, Desa Blukon, dan Desa Rogotrunan akibat material dam di atas Kali Asem yang jebol menutupi pintu air menuju area persawahan. 

Selama ini ratusan hektar sawah di desa tersebut menggantungkan sumber pengairan dari Kali Asem.

Sawuri (50), salah seorang petani asal Desa Boreng mengatakan, sawahnya harus diairi dengan mesin pompa air usai Dam Gambiran jebol.

Sebagian lahannya juga harus dibor untuk mengambil sumber mata air yang mengakibatkan ongkos produksi semakin bertambah.

"Ini jelas bikin nambah biaya tanam karena harus beli solar. Minimal Rp 150.000 sekali mengairi. Kalau sebelum jebol, irigasi aman," kata Sawuri saat ditemui di sawahnya di Desa Boreng, Kecamatan Lumajang, Rabu (16/2/2022).

Pengairan sawah dengan cara mengebor juga dilakukan petani lain di tiga desa tersebut.

Oleh karenanya, banyak petani berharap Pemkab Lumajang segera menangani permasalahan tersebut.

Para petani, kata dia, pernah mendatangi kantor Pemkab Lumajang untuk menyampaikan agar Dam Gambiran segera diperbaiki seperti semula dan pengairan sawah kembali normal.

"Pengennya segera diperbaiki. Kalau bergantung dengan pompa mahal. Sedangkan kalau harus nunggu hujan kan musiman," tutur Sawuri.

Menanggapi persoalan tersebut, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, perbaikan dam yang jebol itu rencananya akan dilakukan tahun ini. 

Anggaran yang dibutuhkan untuk memperbaiki Dam Gambiran, kata dia, sekitar Rp 1,5 miliar. Sedangkan kalau harus memperbaiki secara permanen membutuhkan anggaran sebesar Rp 9 miliar.

“Tahun ini ada anggaran, meskipun tidak tuntas minimal bisa sedikit meringankan, sambil kita mencari cara untuk menuntaskan secara maksimal,” terang Indah.

Selain dam yang jebol, Indah juga menyinggung persoalan kelangkaan pupuk subsidi yang dihadapi para petani. 

Indah mengaku telah memerintahkan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang untuk segera menginvestigasi. 

"Kepala Dinas Pertanian harus segera cek langsung ke petani. Agar bisa menceritakan kondisi sebenarnya. Jangan ada yang ditutupi atau rekayasa," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/16/170724578/dam-gambiran-di-lumajang-jebol-300-hektar-sawah-di-3-desa-kekeringan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke