Salin Artikel

KA Kertanegera Beroperasi, Malang ke Purwokerto Lebih Cepat 4 Jam dari Angkutan Darat Lain

MALANG, KOMPAS.com - KA Kertanegara relasi Malang-Purwokerto resmi beroperasi, Rabu (10/3/2021). Rangkaian KA tersebut berangkat perdana mulai dari Stasiun Malang.

Rangkaian KA Kertanegara terdiri dari lima kereta eksekutif dan tiga kereta ekonomi dengan kapasitas tempat duduk 333 penumpang, menyesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19.

Rangkaian KA berangkat dari Stasiun Malang pukul 08.20 WIB dan akan tiba di Stasiun Purwokerto pukul 17.17 WIB. Menempuh perjalanan selama 8 jam 46 menit.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, pada pemberangkatan perdana ini, KA Kertanegara membawa 106 penumpang dari Stasiun Malang.

"Hari ini adalah pemberangkatan perdana KA Kertanegara, total ada 106 penumpang yang naik. KA Kertanegara memiliki waktu tempuh 8 jam 46 menit, lebih cepat 4 jam dibanding moda darat lainnya," kata Luqman, melalui keterangan tertulis.

KA Kertanegara berangkat dari Stasiun Malang, melintasi Stasiun Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta dan berakhir di Purwokerto, pulang dan pergi.

"KA Kertanegara menghubungkan beberapa kota yang strategis seperti Kota Malang, Solo, Yogyakarta yang terdapat banyak destinasi wisata dan universitas, serta Purwokerto yang terkenal dengan wisata dan pendidikannya," ujar Luqman.

Tarif yang diberlakukan menggunakan mekanisme tarif batas bawah (TBB) dan tarif batas atas (TBA), yakni mulai dari tarif eksekutif Rp 300.000 dan ekonomi Rp 170.000.


Seperti perjalanan kereta jarak jauh yang lain, penumpang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Hal ini sesuai dengan SE Kemenhub Nomor 20 Tahun 2021.

"Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan," kata dia.

Luqman mengatakan, masyarakat sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan Bulan Maret di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan saluran pembelian online lainnya.

Guna mencegah penyebaran Covid-19, setiap penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"KAI berkomitmen menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat di stasiun maupun selama dalam perjalanan serta mendukung upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 pada transportasi kereta api,” tutup Luqman.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/03/10/161147478/ka-kertanegera-beroperasi-malang-ke-purwokerto-lebih-cepat-4-jam-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke