Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Bocah 3 Tahun yang Tenggelam di Surabaya Dihentikan

Kompas.com - 02/07/2023, 23:04 WIB
Andhi Dwi Setiawan,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Petugas menghentikan pencarian seorang bayi di bawah lima tahun (balita), yang tenggelam di Sungai Jalan Karah, Karang Pilang, Surabaya, Minggu (25/6/2023). Penghentian ini dilakukan setelah tujuh hari pencarian.

"Operasi SAR kecelakaan air balita tenggelam resmi ditutup," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Surabaya, Buyung Hidayat Rachman, ketika konfirmasi, Minggu (2/7/2023).

Buyung mengatakan, proses pencarian bocah perempuan berusia 3 tahun tersebut dihentikan lantaran sudah mencapai tujuh hari. Hal itu disebut sudah sesuai dengan Standar Operasional Pekerjaan (SOP).

Baca juga: Kronologi 2 Balita Tenggelam di Sungai Rolak Surabaya, Sempat Ditinggal Kakaknya Beli Bakso

"Hasil pencarian, satu korban (inisial) L (2) ditemukan meninggal dunia, dan satu korban S masih belum ditemukan. Sesuai SOP dihentikan karena sudah tujuh hari,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Karang Pilang, Kompol A Risky Fardian, membenarkan penghentian pencarian itu. Namun, dia tidak mengetahui alasan ditutupnya proses penyusuran sungai.

"Kami hanya pengamanan di lokasi. Untuk detail bisa ke Tim SAR atau BPBD Surabaya," kata Risky.

Diberitakan sebelumnya, Petugas Command Center 112 Surabaya, Amir Rahmat mengatakan, sebelum dilaporkan tenggelam, kedua korban yang masih balita itu berada dalam pengawasan kakaknya yang berusia 13 tahun.

"Keterangan dari kakak korban, sekitar pukul 12.45 WIB mereka ditinggal membeli bakso. Kedua adiknya itu masih bermain pasir dan bersepeda," kata Amir Rahmat kepada media, Minggu.

Setelah sang kakak selesai membeli bakso, kedua adiknya sudah tidak ada. Hasil pantauan dari CCTV, baru diketahui bahwa kedua balita itu bermain di dekat sungai. Setelah itu, keduanya hanyut di dalam sungai dan tidak terlihat lagi.

Salah satu korban yang berusia 2 tahun ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Balita tersebut ditemukan di kedalaman air sekitar 100 meter pada Minggu (26/6/2023), sekitar pukul 16.40 WIB. Sedangkan korban yang berusia tiga tahun masih dalam pencarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com