Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Whisnu Sakti Buana, Mantan Wali Kota Surabaya Meninggal Dunia

Kompas.com - 28/05/2023, 06:35 WIB
Achmad Faizal,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Politisi PDI-P Jatim yang juga mantan wakil wali kota Surabaya Whisnu Sakti Buana meninggal dunia Sabtu (27/5/2023) malam.

Kabar meninggalnya putra tokoh PDI-P Soetjipto itu dibenarkan Plt Ketua DPD PDI-P Jatim Said Abdullah.

"Kami dan pengurus DPD PDI-P Jatim serta seluruh kader partai ikut berduka atas meninggalnya sahabat seperjuangan Adinda Whisnu sakti Buana," katanya dikonfirmasi Minggu (28/5/2023) dini hari.

Baca juga: Sarwono Kusumaatmadja, Menteri Era Suharto dan Gus Dur, Meninggal Dunia

Said tidak menyebut penyebab kematian Whisnu Sakti Buana. Namun informasi yang dihimpun saat ini jenazah sedang berada di RS Premier Surabaya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDI-P Jatim itu dilarikan ke rumah sakit dari kediamannya di Pakuwon City Surabaya, dan menghembuskan napas terakhir pada Sabtu malam pukul 23.17 WIB

Menurut Said, semua tahu sepak terjang almarhum selama menjabat ketua DPRD Surabaya hingga wakil wali kota surabaya mendampingi Tri Rismaharini.

"Karakter dan empatinya kepada Wong Cilik sangat kuat sebagai ruh perjuangan partai," jelasnya.

Semua jajaran pengurus dan kader PDI-P merasa sangat kehilangan sosok Whisnu Sakti Buana.

"Semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa memberikan tempat yang layak di sisiNYA dan semoga keluarga almarhum tabah menghadapainya," terang Said Abdullah.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Surabaya Hari Ini 28 Mei 2023 : Pagi dan Malam Cerah Berawan

Whisnu Sakti Buana terhitung hanya satu pekan menjabat wali kota Surabaya definitif. Whisnu dilantik sebagai wali kota pada Kamis (11/2/2021) dan mengakhiri jabatannya pada Selasa (16/2/2021).

Whisnu dilantik menjadi wali kota Surabaya definitif menggantikan Tri Rismaharini yang diangkat Presiden Joko Widodo menjadi menteri sosial. Whisnu sebelumnya menjabat Plt Wali Kota Surabaya sejak 23 Desember 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com