Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

88.000 Kendaraan Diprediksi Lewati Tol Jombang 23 April, Ini yang Disiapkan Pengelola

Kompas.com - 17/04/2023, 20:45 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Puncak arus lalu lintas di Jalan Tol Trans Java Ruas Jombang-Mojokerto, Jawa Timur, diperkirakan meningkat pada H+2 hari raya idul fitri.

Berdasarkan hasil analisis PT Astra Toll Jomo, selaku pengelola jalan tol ruas Jombang-Mojokerto, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Minggu (23/4/2023), dengan volume kendaraan sebanyak 88.000 kendaraan.

Ketua Renpam Lebaran Kembali Berseri Astra Toll Jombang-Mojokerto, Nobel Danial Muhammad mengungkapkan, peningkatan volume kendaraan pada 2023 diperkirakan sebanyak 5,4 persen daripada tahun lalu.

Baca juga: Mobil Pemudik Angkut Satu Keluarga Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto, Diduga Korsleting

Pada lebaran tahun lalu, pada Kondisi itu terjadi pada H-10 hingga H+10 lebaran, volume kendaraan rata-rata hariannya sebanyak 49.000 kendaraan. 

Sedangkan pada lebaran kali ini, jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol ruas Jombang - Mojokerto sebanyak 58.000 kendaraan.

“Tahun lalu, rata-rata hariannya sebanyak 49.000 kendaraan, kalau tahun ini kami prediksi 58.000 kendaraan. Naik 5,4 persen,” kata Nobel di Kantor PT Astra Toll Jombang-Mojokerto, Senin (17/4/2023) petang.

Dia menuturkan, puncak arus mudik di jalan tol ruas Jombang-Mojokerto, diperkirakan terjadi pada Minggu (23/4/2023).

“Kami prediksi puncaknya di tanggal 23 April, di mana kondisi paling puncak dengan 88.000 kendaraan,” ujar Nobel.

Dijelaskan Nobel, sebagai bagian dari jalan tol trans Jawa, tidak seluruh kendaraan masuk maupun keluar dari Jombang dan Mojokerto. Sebagian besar pengguna kendaraan di jalan tol, hanya melintas.

“Sekitar tiga puluh sampai tiga puluh lima persen keluar di gerbang tol kita (Jombang), sisanya sekitar 70 persen itu terus lanjut atau keluar di gerbang tol setelah ini,” ungkap Nobel.

Baca juga: Pernah Jadi Santri Tambak Beras Jombang, Ipda Ali Nur Kini Bangun 14 Masjid dan Punya Ratusan Anak Asuh

Dia menambahkan, menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran, pengelola tol ruas Jombang-Mojokerto menyediakan 12 mobil raider yang dipergunakan saat terjadi penumpukan kendaraan di gerbang tol.

Selain itu, PT Astra Toll Road Jombang-Mojokerto juga menyediakan tambahan toilet portable di seluruh rest area di sepanjang tol Jombang-Mojokerto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com