Salin Artikel

Respons Bobby Saat Disinggung soal Menantu Presiden Usai Terima Satyalancana

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution merespons mengenai penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Diketahui, Bobby merupakan menantu Presiden Jokowi. Ia suami dari Kahiyang Ayu.

"Kalau nanya gitu (penghargaan karena menantu Presiden), tanya sama yang ngasih, kita kan dikasih. Tadi disampaikan kita dengarkan, kami tadi diberi penilaian," kata Bobby di Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024).

Bobby mengatakan, sejumlah pihak terlibat dalam pemberian gelar Satyalancana tersebut. Hal itu sesuai dengan yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Penilaiannya disampaikan Pak Mendagri dalam pidato beliau. Yang memberikan penilaian bukan hanya Kemendagri tapi banyak sektor, banyak stakeholder yang memberi penilaian," jelasnya.

Bobby mengklaim sudah bisa memperbaiki sistem pelayanan pemerintah selama menjadi kepala daerah. Salah satunya dengan menghilangkan praktik pungutan liar (liar) dalam proses pelayanan kepada masyarakat.

"Pemerintah itu tentunya melayani, upaya yang kami lakukan selama ini adalah bagaimana optimalisasi pelayanan, memudahkan, menghilangkan unsur pungli," ucapnya.

"Kami tekankan bagaimana pelayanan itu mudah, cepat dan selama memang ada bayaran kita informasikan, yang memang tidak ada bayaran kita optimalkan tidak ada," tambahnya.

Lebih lanjut, Bobby berterima kasih atas pemberian penghargaan Satyalancana tersebut. Sebab, dia merasa gelar itu bisa memberikan semangat untuk memperbaiki sistem pemerintahan.

"Kami dari Pemerintah Kota Medan mengucapkan terima kasih, mudah-mudahan penghargaan ini bukan untuk bangga diri, tapi untuk motivasi untuk melayani masyarakat," ujarnya.

Sejumlah kepala daerah yang mendapatkan gelar Satyalancana adalah Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Bupati Kulon Progo H. Sutedjo dan Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

Selanjutnya, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Bupati Badung Bali I Nyoman Giri Prasta, Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Berikutnya, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wali Kota Serang Dr. H. Syafrudin, dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/25/200043578/respons-bobby-saat-disinggung-soal-menantu-presiden-usai-terima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke