Salin Artikel

Terminal Arjosari Malang Diprediksi Masih Dipadati Penumpang sampai Sepekan Mendatang

Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Arjosari Malang, Maria Margareta mengatakan, sejak H+1 sampai dengan saat ini terdapat peningkatan penumpang mencapai ribuan orang.

Sedangkan puncak peningkatan jumlah keberangkatan penumpang arus balik yakni saat H+3 Lebaran dengan angka mencapai 6.964 orang. Atau, terjadi peningkatan 14 persen dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Angka itu terdiri dari penumpang yang berangkat menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

"Saat H+3 ini, jumlah bus yang datang sampai 380 bus, yang berangkat 349 bus. Tetapi rata-rata setiap harinya selama arus balik ini sekitar 365 bus yang datang dan 350 bus yang berangkat," kata Maria, Senin (15/4/2024).

75 persen jurusan keberangkatan penumpang dari Terminal Arjosari yakni menuju Surabaya untuk bus AKDP. Sedangkan bus AKAP didominasi tujuan Jakarta.

"Ini baik arus mudik dan arus balik. Karena kalau Surabaya ini sebagai transit juga misal mau ke Madura," katanya.

Dibandingkan dengan hari-hari biasa, jumlah penumpang datang dan berangkat dari Terminal Arjosari sekitar 2.000-2.500 orang.

Sedangkan, untuk armada bus saat akhir pekan ada sekitar 250-300 bus.

Kondisi penumpang saat ini tergolong mulai menurun dibandingkan pada Minggu (14/4/2024). Meski begitu, Terminal Arjosari diprediksi masih dipadati ribuan penumpang sampai sepekan ke depan.

"Sampai hari Minggu depan kita prediksi masih ramai, karena kan seperti anak-anak sekolah belum masuk juga," katanya.

Sedangkan saat arus mudik, terjadi peningkatan puncak keberangkatan penumpang pada H-3 sebelum Lebaran mencapai 5.456 orang. Sedangkan untuk kedatangan ada 2.532 penumpang.

"Memang didominasi oleh penumpang yang berangkat, karena bus-bus yang datang ke Malang ini tidak semua menurunkan penumpangnya seluruhnya di terminal. Penumpang ada juga yang minta diturunkan di pinggir jalan sebelum sampai terminal," katanya.

Sedangkan rata-rata penumpang yang datang saat arus mudik sekitar 2.200 orang dan penumpang berangkat sekitar 4.000 orang.

"Untuk armada bus yang datang saat arus mudik rata-rata sekitar 350 bus, kalau yang berangkat 300 bus. Peningkatan terjadi saat H min tiga, itu yang datang 416 bus, yang berangkat 306 bus," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/15/192252578/terminal-arjosari-malang-diprediksi-masih-dipadati-penumpang-sampai-sepekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke