Salin Artikel

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Tanjung Perak Diprediksi Terjadi Dua Kali, Ini Waktunya

General Manager Gapura Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), Dhany Rahmat Agustian mengatakan, dua puncak arus balik tersebut diperkirakan terjadi H+6 dan H+10.

"Pelabuhan Tanjung Perak itu biasanya ada dua kali gelombang cukup besar dalam masa angkutan Lebaran," kata Dhany, ketika dikonfirmasi melalui telepon, Senin (15/4/2024).

Para pemudik yang akan melakukan keberangkatan menggunakan kapal, pada Selasa (16/4/2024) dan Jumat (19/4/2024) mendatang itu, diprediksi bisa mencapai sekitar 12.000 penumpang.

"Soalnya lihat arus mudik kemarin itu cukup menjadi rekor baru bagi kita, ada 14.500-an orang. Jadi rata-rata untuk arus balik itu diangka 12.000-an, perkiraan kami seperti itu," jelasnya.

Sedangkan, tujuan penumpang tersebut didominasi keberangkatan menuju ke Makassar. Sebab, Pelabuhan Tanjung Perak sendiri memiliki tujuan utama ke wilayah Indonesia Timur.

Saat puncak arus balik, Pelabuhan Tanjung Perak bakal kedatangan sebanyak 37 kapal dalam satu hari. Hal tersebut untuk mengantisipasi semakin melonjaknya jumlah penumpang.

"Ada 37 kapal yang akan kami optimalkan semuanya, terutama ketersediaan tempat tidur sama tempat duduk. Supaya keselamatan pelayaran kapal ini benar-benar terjamin bagi mereka," ucapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/15/163700678/puncak-arus-balik-di-pelabuhan-tanjung-perak-diprediksi-terjadi-dua-kali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke