Salin Artikel

Banjir di Kediri Surut, Pengungsi Kembali Ke Rumah

KEDIRI, KOMPAS.com- Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, Jawa Timur, Indun Munawaroh menyebut, bencana banjir yang menggenangi sejumlah titik wilayah Kelurahan Gayam, Kecamatan Mojoroto mulai surut dan para pengungsi sudah mulai kembali ke rumah, Jumat (12/4/2024),

“(Pengungsi) sudah kembali ke rumah masing-masing,” ujar Indun melalui pesan singkatnya, Jumat.

Sebelumnya,  termasuk di Kelurahan Gayam tersebut.

Bahkan di wilayah Kelurahan Gayam tersebut, puluhan warga mengungsi dan menginap di masjid terdekat yang posisinya lebih tinggi karena rumah mereka tergenang air.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu dan setelah banjir usai, mereka mendapatkan pengecekan kesehatan dari Dinas Kesehatan.

Adapun banjir tersebut tidak hanya terjadi di wilayah Kota Kediri namun juga terjadi di wilayah Kabupaten Kediri.

Untuk wilayah di Kabupaten Kediri, banjir itu menggenangi puluhan rumah yang ada di tiga dusun masuk wilayah Kecamatan Banyakan dan Kecamatan Grogol.

Banjir yang terjadi pada Kamis malam tersebut terjadi karena luapan sungai Putat Kasihan dan Bendo Krosok akibat tidak mampu menampung derasnya debit air yang ada.

Ali Shodiq Ganung, seorang petugas Tagana Kabupaten Kediri, mengatakan, dari assessment yang dilakukan, terdapat 65 rumah warga yang terdampak.

“Ketinggian air selutut orang dewasa,” ujar Ali dalam sambungan telepon dengan Kompas.com, Kamis malam.

Namun demikian, masih kata Ali, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu serta tidak sampai ada warga yang mengungsi karena air langsung surut.

“Air bisa langsung surut.” pungkasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kediri Djoko Sukrisno juga mengatakan, peristiwa itu menyebabkan sejumlah rumah warga terdampak namun tidak menimbulkan korban jiwa. 

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/12/162111978/banjir-di-kediri-surut-pengungsi-kembali-ke-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke