Salin Artikel

Jelang Lebaran, Harga Bahan Pokok di Gresik Relatif Stabil

GRESIK, KOMPAS.com - Satuan Tugas (Satgas) Pangan, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah (Ditreskrimsus Polda) Jawa Timur melakukan pengecekan pasokan dan stabilisasi harga bahan pokok penting (Bapokting) di sejumlah pasar tradisional dan toko ritel modern, termasuk di Gresik.

Bersama Tim Satgas Pangan Kepolisian Resor (Polres) Gresik dan dinas terkait, tim Satgas Pangan Ditreskrimsus Polda Jatim melakukan pemantauan di Pasar Sidomoro dan toko ritel Superindo Gresik.

Mereka mendapati harga bahan pokok penting seperti beras, daging ayam, daging sapi, telur ayam dan gula masih relatif stabil jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Selasa (9/4/2024).

Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Oki Ahadian Purwono mengatakan, pihaknya bersama stakeholder terkait terus melakukan pengecekan dan pemantauan sejumlah harga barang kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri, guna mengantisipasi lonjakan harga yang tidak wajar.

Oki melanjutkan, sidak yang dilakukan juga melibatkan seluruh tim gabungan dari Satgas Pangan Polres Jajaran yang berada di wilayah hukum Polda Jatim. Selain di Gresik, agenda serupa juga dilaksanakan di seluruh Jawa Timur.

"Kami melakukan kegiatan pengecekan terhadap Bapokting, di mana hasil pengecekan yang kami dapatkan adalah harga-harga pada umumnya terkait Bapokting itu seperti beras, daging ayam, daging sapi, telur ayam dan gula, relatif sangat stabil," ujar Oki, Selasa.

Oki menambahkan, untuk harga beras sudah stabil dan bahkan berangsur ada penurunan. Meskipun ada bahan pangan yang mengalami sedikit kenaikan, tetapi harga masih dalam batas yang wajar, seperti gula.

"Jadi ini kan kami antisipasi jangan sampai terjadi lonjakan harga yang tidak wajar karena adanya permainan, namun sampai saat ini dari hasil pantauan dan sidak kami, untuk harga masih sangat terkendali dan relatif stabil,” tutur Oki.

Oki menegaskan, tim gabungan Satgas Pangan Polda Jatim akan terus melakukan pemantauan dan pengecekan harga kebutuhan pokok, sekaligus menjaga ketersediaan barang di seluruh Jatim.

“Kami akan melakukan pengecekan terus selama menjelang dan pasca lebaran. Jadi dari hari ini sampai seterusnya kita akan lakukan pengecekan secara berkala, walaupun nanti Lebaran sudah selesai," kata Oki.

Sidak yang dilakukan, tambah Oki, guna memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam hal ini konsumen, dari permainan oknum tidak bertanggung jawab yang coba memanfaatkan momentum Lebaran demi mengeruk keuntungan pribadi.

"Semoga kegiatan Satgas Pangan Polda Jatim beserta dengan jajaran, dapat memberi manfaat buat masyarakat, guna menjamin ketersediaan serta dapat membantu menjaga stabilitas harga Bapokting menjelang H-1 Hari Raya Lebaran 1445 H," ucap Oki.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/09/191627478/jelang-lebaran-harga-bahan-pokok-di-gresik-relatif-stabil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke