Salin Artikel

Jelang Lebaran, Kawasan Pusat Perbelanjaan di Kota Malang Macet

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengatakan, kemacetan terjadi di dua titik, yaitu di depan Mal Ramayana dan Mal Olympic Garden (MOG). Dirinya bersama Kepala Dishub (Kadishub) Kota Malang, Widjaja Saleh Putra telah memantau berkeliling seputaran Kota Malang pada Senin (8/4/2024) sore, kemarin.

Di kawasan MOG kemacetan dimulai dari Jalan Besar Ijen, Jalan Tenes, hingga Jalan Semeru. Dishub Kota Malang melakukan penguraian bersama Polsek Klojen untuk mengatasi kondisi yang ada.

Kondisi kepadatan serupa diperkirakan akan terjadi kembali pada hari ini, Selasa (9/4/2024), dan sebelumnya telah diprediksi.

"Jadi, kendaraan yang menuju MOG, baik dari arah Jalan Tenes maupun Jalan Kawi mengantre dan menunggu, padahal parkiran dalam MOG sudah penuh," kata Wahyu, pada Selasa (9/4/2024).

Orang nomor satu di Kota Malang itu meminta petugas keamanan MOG tegas dalam mengatur, dan membiarkan arus kendaraan tetap jalan.

Dia menjelaskan, bahwa lokasi alternatif parkir ke MOG telah disediakan. Di antaranya memanfaatkan lahan parkir Balai Kartini dan Stadion Gajayana.

Wahyu telah meminta Kadishub untuk menyurati pihak MOG, agar petugas keamanannya tegas dalam mengatur arus kendaraan yang menuju ke mal tersebut.

Kemudian, untuk kemacetan di depan Mal Ramayana, disebabkan adanya pertemuan arus lalu lintas (crossing).

Arus lalu lintas dari Jalan Aries Munandar menuju Kayutangan, crossing kanan mengarah ke jalur depan Bank Indonesia. Termasuk jalur contraflow di Jalan Merdeka Utara ke Kayutangan.

"Sementara, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit mengarah ke Mal Ramayana, sehingga kedua arus saling bertemu dan terjadi kemacetan," katanya.

Untuk mengatasi kemacetan di Mal Ramayana, sudah diberlakukan rekayasa lalu lintas yakni jalur contraflow Jalan Merdeka Utara ke Kayutangan ditutup sementara waktu.

"Jadi, jalur yang menuju Kayutangan di depan Bank Indonesia ditutup. Sehingga, arus lalu lintas dari Jalan Aries Munandar menuju Kayutangan, bisa memutar lewat Jalan Merdeka Selatan. Sehingga, tidak ada crossing di depan Mal Ramayana," ujarnya.

Wahyu juga mengungkapkan, rekayasa dan penutupan jalur tersebut, berkoordinasi dengan Satlantas Polresta Malang Kota.

"Apa yang telah diupayakan mudah-mudahan semuanya bisa terurai dan mengurangi kemacetan lalu lintas di Kota Malang," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/09/121924578/jelang-lebaran-kawasan-pusat-perbelanjaan-di-kota-malang-macet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke