Salin Artikel

Takut Tak Kebagian Tiket, Ratusan Pemudik Rela Bermalam di Pelabuhan Kalianget Sumenep

"Sudah dari tadi malam, beruntung hari ini dapat tiket dan bisa mudik," kata Jalal Halim warga kepulauan Kangean di Pelabuhan Kalianget, Senin (8/4/2024).

Menurut Jalal, antusiasme warga untuk pulang ke kepulauan mendekati hari Raya Idulfitri memang dirasakan dari tahun ke tahun. Namun, bedanya, tahun ini dianggap lebih ramai dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini memang lebih ramai, kalau tahun lalu tidak sepadat tahun ini," kata dia.

Terpisah, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kalianget, Azwar Anas memaparkan, sejak H-15 hingga H-2 lebaran 2024, jumlah penumpang kapal yang melalui pelabuhan Kalianget telah mencapai 12.881 orang.

Jumlah tersebut naik sekitar 10 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Ada kenaikan jumlah penumpang, untuk hari ini kita berangkatkan 4 kapal, kemarin (Minggu) total ada enam kapal yang berangkat dari pelabuhan Kalianget," tuturnya.

Berdasarkan tujuannya, penumpang kapal yang melalui pelabuhan Kalianget paling banyak ke pulau Kangean. Setidaknya sudah ada 5.508 orang yang menyeberang menuju kepulauan Kangean melalui pelabuhan Kalianget.

Sisanya, menuju pulau-pulau lain yang ada di Sumenep seperti kepulauan Masalembu, Sapeken, Sapudi, dan Raas.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/08/140852978/takut-tak-kebagian-tiket-ratusan-pemudik-rela-bermalam-di-pelabuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke