Salin Artikel

Kapal Navigasi Diperbantukan Angkut Pemudik di Pelabuhan Jangkar Situbondo

SITUBONDO, KOMPAS.com - Ratusan pemudik dari Pulau Jawa dan Bali tujuan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, yang sempat tertahan di Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai diangkut pada Minggu (7/4/2024).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan Situbondo, Herlan Aprilyanto menyatakan, pihak pengelola secara darurat mengerahkan Kapal Negara Bima Sakti Utama untuk mengangkut pemudik yang tidak mendapatkan tiket rute Jangkar-Raas.

"Kapal Negara Bima Sakti Utama adalah kapal navigasi yang diperbantukan untuk mengangkut pemudik secara gratis," katanya, Minggu (7/4/2024).

Dia juga menyatakan, total penumpang yang diangkut sebanyak 303 orang dengan rute Pelabuhan Jangkar menuju Pelabuhan Raas. Kondisi tersebut cukup mengurangi penumpukan pemudik yang terlantar beberapa hari di Pelabuhan Jangkar.

"Ada 303 orang penumpang warga Pulau Raas, 85 orang anak-anak, 15 penumpang balita dan 203 orang orang dewasa," katanya.

Kholis (20), warga Pulau Raas, menyatakan sudah 3 hari dirinya menginap di Pelabuhan Jangkar untuk antre mendapatkan tiket. Dirinya bersyukur bisa pulang sebelum shalat Idul Fitri.

"Alhamdulillah bisa pulang dan bertemu keluarga, mulai kemarin tidak dapat tiket," katanya.

Dia menyampaikan, pemudik cukup terbantu dengan adanya bantuan kapal negara tersebut. Ia berpesan, pengelola menyediakan tiket yang cukup dan akses mendapatkan tiket dipermudah supaya tak terjadi penumpukan penumpang.

"Sebenarnya kami sendiri maunya yang berbayar meski program mudik gratis baik untuk dijalankan, kami mau bayar asal pemberangkatan pasti dan harga normal," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/08/055353478/kapal-navigasi-diperbantukan-angkut-pemudik-di-pelabuhan-jangkar-situbondo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke