Salin Artikel

Jelang Libur Lebaran, Tingkat Reservasi Hotel di Kota Batu Capai 50 Persen

Tingkat pemesanan kamar di hotel-hotel Kota Batu terus merangkak naik. Angka booking hotel sudah mencapai 50 persen dari total jumlah keseluruhan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan, di tempatnya bekerja, atau Hotel Selecta sudah terpesan sekitar 30 kamar dari total 79 kamar yang ada.

"Kita total ada 79 kamar, sudah terpesan 30-an sampai H plus enam, hotel lain sudah ada yang 50 persen lebih yang memesan kamar," kata Sujud, Minggu (7/4/2024).

Dikatakannya, para pengelola hotel di Kota Batu optimis untuk okupansi atau tingkat keterisian kamar saat H plus satu sampai tujuh libur Lebaran bisa mencapai 80 - 90 persen setiap harinya.

Menurutnya, tingkat okupansi libur Lebaran tahun ini diprediksi tidak seperti tahun 2023 lalu yang lebih tinggi. Namun, durasi tamu yang menginap pada libur lebaran tahun ini diperkirakan lebih panjang.

"Lebih tinggi tahun lalu, tetapi bedanya durasinya panjang saat ini. Sehingga libur Lebaran ini hanya berkisar 80-90 persen. Tidak seperti tahun lalu bisa lebih dari 90 persen karena liburnya tidak panjang. Tetapi durasi tamu yang menginap lebih panjang, minimal 2-3 hari," jelasnya.

Diprediksi rata-rata tamu saat H+3 sampai H+5 Lebaran berasal dari luar Jawa Timur. Diantaranya, seperti dari Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Sedangkan, untuk harga jual kamar rata-rata hotel tidak tinggi. Menurutnya, permintaan yang ada juga tidak terlalu tinggi.

"Harga tidak bisa tinggi banget, kita hanya bisa menaiki publish rate, di rate harga tertinggi kita, tidak bisa sampai naik dua kali lipat, karena tidak terlalu tinggi juga permintaannya," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/07/222827178/jelang-libur-lebaran-tingkat-reservasi-hotel-di-kota-batu-capai-50-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke