Salin Artikel

Napiter Asal Malang Ikrar Setia NKRI di Lapas Tuban

TUBAN, KOMPAS.com - Seorang narapidana kasus terorisme (Napiter) berinisial TS (48), asal Malang, Jawa Timur, berikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Lapas Kelas II B Tuban, Jawa Timur.

TS mengucapkan ikrarnya di hadapan pejabat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Perwakilan Kemenkumhan, Kepala Lapas II B Tuban, Densus 88, Kementerian Agama, TNI dan Polri.

TS merupakan aktivis underground jaringan Jam'iyah Islamiyah sebagai bendahara iqomatuddin yang bertugas dalam bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

Awal ketelibatan TS dengan jaringan Jam'iyah Islamiyah saat berkenalan dengan seorang ustaz yang diketahui bernama Amir pada tahun 2015.

Usai berkenalan dengan ustaz tersebut, TS sering mengikuti kajian dan ceramahnya hingga pada 2017 dirinya memutuskan berbaiat menjadi anggota Jam'iyah Islamiyah.

"Saat itu, saya mengikuti sosok yang berkepribadian bagus dan gabung dibaiat tidak tahu kalau organisasi ini dilarang," kata TS kepada Kompas.com, Jumat (5/4/2024).

Setelah mengucapkan ikrar setia kembali kepada NKRI, napiter yang divonis hukuman 5 tahun penjara tersebut juga mencium bendera Merah Putih.

"Untuk sisa menjalani hukuman jadwalnya akan bebas tahun ini," ujarnya.

Dia berencana, saat bebas nanti akan menjadi warga negara yang patuh dan akan meneruskan usaha dagang perabot rumah tangga.

"Kalau keluar nanti inginnya berdagang perabot perkakas dapur, kembali ke profesi lama," terangnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim, Asep Sutandar mengatakan, ikrar NKRI menjadi gerbang awal bagi para warga binaan kasus terorisme untuk bermasyarakat.

Selain itu, ikrar secara tulus untuk setia kepada NKRI bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bela negara dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Saya harap ikrar ini tidak formalitas belaka, tapi mampu mencerminkan perilaku ideologi Pancasila," kata Asep Standar usai menyaksikan ikrar NKRI napiter di Lapas II B Tuban.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/05/172347378/napiter-asal-malang-ikrar-setia-nkri-di-lapas-tuban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke