Salin Artikel

Kapolri Ingatkan Aspek Keselamatan Salah Satu Prioritas Angkutan Lebaran

Menurut Sigit, aspek keselamatan menjadi salah satu prioritas utama dalam layanan angkutan mudik Lebaran tahun ini.

"Dengan melakukan pemeriksaan atas kesiapan armada yang dioperasikan beserta peralatan keselamatan," kata Sigit saat kunjungan kerjanya di Pelabuhan ASDP Gilimanuk, Bali, Kamis (5/4/2024).

Menurut Sigit, sebelum arus mudik dimulai, Polri dan berbagai institusi melakukan pemeriksaan kelengkapan alat keselamatan di kapal-kapal.

"Semua itu agar mudik berjalan lancar dan aman," ujar Sigit.

Pihaknya juga meminta jajarannya untuk mempersiapkan dan mendukung ASDP dalam menerapkan delaying sistem di Pelabuhan Gilimanuk.

"Ini penting untuk meminimalkan potensi antrean di area tersebut," ungkap Sigit.

Kapolri mengapresiasi langkah ASDP yang dalam waktu cepat bisa mengevaluasi untuk mempersiapkan potensi arus mudik dan balik di Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur.

"Kami apresiasi kecepatan layanan dari ASDP. Luar biasa," terang Sigit.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kapolri datang bersama Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Agus meminta setiap kementerian dan lembaga terkait untuk selalu berkoordinasi di posko terpadu selama periode mudik dan balik Lebaran 2024.

"Kami juga meminta agar semua instansi menggunakan sarana prasarana yang ada di satuan untuk membantu kelancaran arus mudik," kata Agus.

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta seluruh jajaran untuk memitigasi gangguan keamanan, aksi teror, peredaran narkoba, dan kemungkinan terjadinya bencana alam.

"Agar selama angkutan mudik Lebaran 2024 berjalan dengan lancar dan nyaman," tandas Agus.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/05/145009478/kapolri-ingatkan-aspek-keselamatan-salah-satu-prioritas-angkutan-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke