Salin Artikel

Program Teman Sedekah Subuh, Ajak Sahur Gratis Warga Surabaya

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sejumlah pemuda mengenakan rompi biru bertuliskan Seribu Senyum, tampak berdiri di sekitar jalan yang berdekatan dengan Kampus Universitas Airlangga (Unair).

Para pemuda tersebut tampak membawa kertas berwarna biru sembari meneriakkan makan sahur gratis kepada setiap pengendara sepeda motor maupun mobil yang melintas.

Sejumlah pengendara yang tertarik memutuskan untuk mengambil kupon tersebut dan memarkirkan kendaraanya, kemudian mengambil makanan yang disiapkan di dalam warung.

Lead Program Seribu Senyum, Ilham Dimas mengatakan, kegiatan berbagi sahur gratis tersebut dinamakan 'Teman Sedekah Subuh'. Program itu merupakan kolaborasi sejumlah pihak.

"Ini acara sahur gratis yang diadakan KG Media kerja sama dengan Kitabisa dan menunjuk Seribu Senyum sebagai implemenkatornya," kata Ilham, ketika ditemui di sekitar lokasi.

Ilham mengungkapkan, total ada 150 paket makanan yang disediakan bagi masyakarakat yang ingin sahur. Sasarannya para mahasiswa dan warga yang masih bekerja hingga larut malam.

"Kita memberikan bantuan makanan untuk orang berpuasa, kebutuhanya kan sahur terutama di sini wilayah kampus banyak anak kos, tukang becak dan ojek yang kehidupan malamnya di jalan," ujarnya.

Ilham berharap sahur gratis tersebut dapat membantu meringankan pengeluaran masyarakat. Terutama untuk kalangan yang memiliki pendapatan minim dalam satu hari.

"Kami harap bisa membantu mereka, istilahnya walaupun sekadar satu kali makan mungkin untuk mereka sangat berarti. Pun juga anak kos juga yang bertahan hidup di sini, lagi menimba ilmu," jelasnya.

Sementara itu Markom Sosial Relation KG Media, Brahmanda Pandya mengatakan, program makan sahur gratis tidak hanya membantu para penerima, tapi juga pemilik warung.

"Bagi penerima manfaat yang datang juga berkesempatan membawa paket makan agar dapat dirasakan keluarga kecilnya di rumah," kata Brahmanda.

Program 'Teman Sedekah Subuh' tersebut tidak hanya digelar di wilayah Surabaya, akan tetapi kegiatan itu juga akan diselenggarakan di Sidoarjo, Sabtu (6/4/2024).

Lebih lanjut, kata Brahmanda, bagi-bagi sahur gratis tersebut merupakan kolaborasi antara para pembaca Kompas.com, pemirsa Kompas TV, KGX, relawan Seribu senyum, serta Kitabisa.

"Momen baik ini kami gunakan untuk mengajak orang-orang baik, terutama para pemirsa dan pembaca Kompas dapat melakukan sedekah di waktu yang paling baik," tutur dia.

Para pembaca Kompas.com masih dapat berkontribusi langsung mewujudkan sahur untuk semua dengan cara berdonasi klik bit.ly/temansedekahsubuh.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/05/053222578/program-teman-sedekah-subuh-ajak-sahur-gratis-warga-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke