Salin Artikel

BPJT Akan Pasang Jembatan Bailey di Lokasi Longsor Tol Bocimi supaya Bisa Dilewati

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan analisa untuk penanganan darurat tanah longsor di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Tol Bocimi Km 64 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Munir berharap, ruas tol tersebut bisa dilewati secara darurat pada Senin (8/4/2024) mendatang.

"Sedang dilakukan analisa untuk penanganan darurat. Kita harapkan dalam waktu hari Senin, kita harapkan untuk bisa secara darurat dilewati," kata Munir di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Kamis (4/4/2024).

Munir mengungkapkan, pihaknya berencana memasang jembatan bailey atau jembatan rangka baja sementara. Hal tersebut dilakukan agar Tol Bocimi bisa difungsikan dalam waktu dekat.

“Akan kita pasang jembatan bailey, berukuran 2x30 meter dari sisi Ciawi ke arah Sukabumi yang Jalur Ambon, dan Jalur Bandung akan difungsikan,” jelasnya.

Selanjutnya, PUPR akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pembukaan kembali jalan tol tersebut. Munir mengklaim, jalur tersebut akan aman dilewati oleh pengendara.

"Untuk operasionalisasinya, kami berkoordinasi dari PU dengan Dirlantas Polda Jabar. Untuk penangan permanen akan kita lakukan setelah Lebaran. Insyaallah aman," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, tanah longsor terjadi di dalam Tol Bocimi, tepatnya di Kilometer 64 arah Sukabumi pada Rabu (3/4/2024) sekitar pukul 20.00 WIB. Satu mobil terperosok dalam kejadian longsor itu.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/04/230523078/bpjt-akan-pasang-jembatan-bailey-di-lokasi-longsor-tol-bocimi-supaya-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke