Salin Artikel

Polresta Sidoarjo Cek SPBU, Antisipasi Kecurangan Saat Musim Mudik

Diketahui, Polresta, UPT Metrologi Legal Kabupaten Sidoarjo dan PT Pertamina Patara Niaga Rayon 3, mengecek mengecek SPBU bernomor 54.651.56 dan 54.612.23 yang ada di wilayah Taman.

Kanit Idik II Tipidter Satreskrim Polresta Sidoarjo, Iptu Suwalyadin Rizal Bogra mengatakan, pengecekan SPBU itu untuk mencegah adanya kecurangan saat pengisian bahan bakar.

Dengan demikian, masyarakat akan terhindar dari kerugian yang ditimbulkan akibat dari kecurangan itu.

Terutama, bagi para pemudik yang tengah melakukan perjalanan menuju ke kampung halaman.

Suwalyadin mengungkapkan, pihaknya akan menindak tegas jika ada SPBU yang terbukti dengan sengaja, mengakali alat pengisian bahan bakar untuk mendapatkan keuntungan.

"Apabila masih ada pelanggaran, diberikan teguran tertulis. Namun apabila ditemukan adanya pelanggaran kembali, maka barulah dilakukan penindakan," kata Suwalyadin di Sidoarjo.

Sementara itu, Ka UPT Metrologi Legal Sidoarjo, Vevi W mengatakan, pengecekan SPBU tersebut meliputi, penyesuaian tera ukur dengan batas toleransi dari beberapa sampel nozzel dan jenis BBM yang berbeda.

Kemudian, petugas mengecek kondisi tangki atau tandon penyimpanan BBM dan mesin pompa SPBU. Terakhir, melakukan tes terhadap takaran bensin menggunakan bejana ukur.

Vevi mengungkapkan, setelah pengecekan yang sudah sesuai dengan prosedur tersebut, kedua SPBU di Kecamatan Taman itu dipastikan tidak melakukan kecurangan.

"Setelah semuanya kami cek dan kami ukur, hasilnya tidak ada kecurangan dan teranya tepat. Jadi, tidak ada indikasi merugikan konsumen," kata Vevi.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/04/054621978/polresta-sidoarjo-cek-spbu-antisipasi-kecurangan-saat-musim-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke