Salin Artikel

250 Warga Pulau Raas Sumenep Mudik Gratis dari Pelabuhan Jangkar Situbondo

SITUBONDO, KOMPAS.com - Sebanyak 250 warga Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mudik gratis melalui kapal dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo, pada Selasa (2/4/2024). Ratusan orang tersebut datang dari daerah rantauan di Pulau Jawa dan Bali.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Nyono menyatakan, kegiatan mudik gratis itu adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat Pulau Raas untuk pulang ke kampung halaman.

"Mendekati hari Lebaran, pergerakan mudik masyarakat di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, meningkat. Mudik gratis ini untuk masyarakat Pulau Raas sebagai bentuk kepedulian kami," katanya, Selasa (2/4/2024).

Dia juga menyatakan, sejak 2023, penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar menuju Pelabuhan Raas sudah tidak dapat subsidi. Namun, untuk tarif penyeberangan masih dinilai murah dan terjangkau.

"Mudik gratis ini menggunakan kapal reguler sehingga tampungan penumpang normal," katanya.

Nyono menyebutkan, kapasitas pemudik gratis dari Pelebuhan Jangkar ke Pulau Raas berjumlah 250 orang. Sedangkan kapasitas kendaraan roda dua berjumlah 200 motor.

"Untuk tampungan penumpang berjumlah 250 dan motor 200," katanya.

Untuk program mudik gratis tersebut berlangsung selama 4 kali atau 8 trip. Pemberangkatan yakni tanggal 2,4,6, 8 April 2024.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/02/233052078/250-warga-pulau-raas-sumenep-mudik-gratis-dari-pelabuhan-jangkar-situbondo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke