Salin Artikel

Bandara Dhoho Beroperasi pada 5 April, Bupati Kediri: Hadiah Idul Fitri, Bisa Dipakai Mudik

KEDIRI, KOMPAS.com - Bupati Kediri, Jawa Timur, Hanindhito Himawan Pramana turut mengumumkan beroperasinya Bandara Internasional Dhoho Kediri yang ditandai dengan inaugural flight atau penerbangan perdana pada Jumat (5/4/2024).

"Menjadi hadiah menjelang Idul Fitri. Akhirnya Bandara Internasional Dhoho efektif beroperasi pada Jumat (5/4/2024) mendatang,” ujar Bupati Kediri dihubungi Kompas.com, Selasa (2/4/2024).

Bupati dengan sapaan akrab Mas Bup Dhito itu meminta masyarakat memanfaatkannya sebagai moda transportasi mudik di momentum Lebaran ini.

Untuk sementara waktu, penerbangan yang ada rute domestik Bandara Internasional Dhoho Kediri (DHX) ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta (CGK), maupun sebaliknya.

Penggunaan moda transportasi pesawat itu menurutnya akan menghemat waktu jarak tempuh. Sebab, jika menggunakan kendaraan pribadi membutuhkan waktu mencapai 9-10 jam dan moda kereta api 16-18 jam.

Dengan adanya pesawat terbang tersebut dengan rute yang sama bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar 1,5 jam.

"Sangat menghemat waktu untuk segera bisa bertemu dengan keluarga,” lanjutnya.

Mas Bup Dhito berharap nantinya akan menyusul rute penerbangan ke kota-kota lainnya bahkan rute mancanegara.

Sebelumnya diberitakan, General Manager Angkasa Pura 1 I Nyoman Noer Rohim mengatakan, inaugural flight itu ditandai dengan penerbangan pesawat Citilink rute domestik Jakarta- Kediri pada 5 April nanti.

"Penerbangan itu akan menggunakan pesawat jenis Airbus A320 yang berkapasitas 180 kursi,” ujar Nyoman dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (2/4/2024).

Setelah inaugural flight tersebut, maskapai Citilink akan beroperasi secara reguler dua kali dalam seminggu, yakni hari Selasa dan Sabtu.

Pada sesi penerbangan hari Selasa, pesawat tersebut dijadwalkan berangkat dari Jakarta pada pukul 08.40 WIB dan tiba di Kediri pada pukul 10.10 WIB. Dan rute sebaliknya, pesawat berangkat dari Kediri pukul 10.50 WIB dan tiba di Jakarta pukul 12.20 WIB.

Sedangkan untuk hari Sabtu, pesawat berangkat dari Jakarta pukul 5.50 WIB dan tiba di Kediri pukul 07.20 WIB. Selanjutnya berangkat dari Kediri pukul 08:00 WIB dan tiba di Jakarta pukul 09.30 WIB.

Adapun bandara yang terletak di wilayah bagian barat Kabupaten Kediri tepatnya di Kecamatan Grogol itu mulai dibangun sejak tahun 2022.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/02/215244778/bandara-dhoho-beroperasi-pada-5-april-bupati-kediri-hadiah-idul-fitri-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke