Salin Artikel

Libur Lebaran, Polisi di Malang Siapkan 3 Skema Rekayasa Lalin untuk Cegah Kemacetan

MALANG, KOMPAS.com - Wilayah Malang Raya, Jawa Timur, diprediksi padat kendaraan saat libur Lebaran 2024. Jajaran Satuan Lalu Lintas Polresta Malang Kota sudah mempersiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, peningkatan volume kendaraan diprediksi terjadi selama libur Lebaran. Selain arus mudik, kepadatan kendaraan juga disebabkan oleh wisatawan.

"Mengingat Kota Malang ini juga menjadi lintasan jalur wisata. Karena destinasi utama wisata para pemudik ke Kota Batu," kata Aris, Senin (1/4/2024).

Pihaknya telah mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas itu dengan menyiapkan tiga skema pengaturan lalu lintas.

Sejauh ini, lokasi yang menjadi atensi utama untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas yakni di Simpang Empat Karanglo.

"Untuk alternatif pertama, anggota kami akan melakukan pengaturan arus lalin dari exit Tol Singosari yang menuju ke arah barat (Kota Batu) akan diarahkan ke selatan masuk Kota Malang," jelasnya.

Sedangkan untuk alternatif kedua, apabila masih terjadi kepadatan di Simpang Empat Karanglo, maka exit Tol Singosari akan ditutup dan arus kendaraan akan diarahkan ke exit Tol Pakis.

"Tetapi, apabila kepadatan masih berlangsung, maka alternatif ketiga, yaitu arus lalin diarahkan ke exit Tol Madyopuro," katanya.

Disisi lain, ada 3 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan yang disiapkan selama pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024.

Untuk pos pelayanan, didirikan di depan Stasiun Malang. Kemudian, untuk pos pengamanan didirikan di Simpang MCC (pertigaan Jalan Ahmad Yani - Jalan L.A Sucipto), dekat exit Tol Madyopuro, dan pertigaan Jembatan Soekarno Hatta (Jembatan UB).

"Kami juga mengimbau untuk tertib berlalu lintas dan patuhi arahan petugas. Kami siap menerima pemudik dan bagi pemudik yang menuju ke Kota Batu, akan kami arahkan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/01/152909278/libur-lebaran-polisi-di-malang-siapkan-3-skema-rekayasa-lalin-untuk-cegah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke