Salin Artikel

Hindari Penumpukan Penumpang di Pelabuhan, Warga Sumenep Diminta Mudik Lebih Awal

"Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga kepulauan, agar mudiknya jauh-jauh hari sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang."

"Agar semuanya berjalan lancar dan tidak terlalu padat, baik di Kalianget, Jangkar dan Banyuwangi,” kata Fauzi dalam keterangannya, Senin (1/4/2024).

Fauzi menjelaskan, iImbauan mudik lebih awal tak lepas dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang biasanya terjadi penumpukan penumpang seminggu menjelang Lebaran.

Atas dasar itu, warga kepulauan diimbau melangsungkan mudik lebih awal. Para calon penumpang, lanjut Fauzi, juga bisa memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan pemerintah Kabupaten Sumenep.

Mudik gratis itu meliputi rute pelayaran dari Pelabuhan Kalianget, Pelabuhan Jangkar Situbondo dan Pelabuhan Banyuwangi.

“Ada Jangkar-Raas, ada Tanjung Wangi-Sapeken, Kalianget-Kangean, Kalianget-Masalembu, Raas dan Sapudi semuanya gratis mulai 28 Maret 2024,” jelasnya.

Kebijakan menyediakan tiket mudik gratis merupakan salah satu upaya Pemkab Sumenep memberikan pelayanan terbaik kepada warga, khususnya di wilayah kepulauan, yang ingin pulang kampung menikmati momen Idul Fitri 1445 H bersama keluarga.

Warga yang akan memanfaatkan mudik gratis itu bisa langsung melakukan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang dijelaskan melalui website resmi Pemkab Sumenep.

“Semoga program ini dapat memberikan dampak positif dan membantu masyarakat kepulauan yang akan kembali ke kampung halaman masing-masing, berkumpul dengan sanak saudara dalam jalinan silaturrahim di hari Idul Fitri," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/01/110448578/hindari-penumpukan-penumpang-di-pelabuhan-warga-sumenep-diminta-mudik-lebih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke