Salin Artikel

Pemudik Melahirkan di Dalam Bus Mila di Exit Tol Madiun

Dalam video itu terlihat dua tenaga kesehatan tergopoh-gopoh masuk ke dalam bus untuk membantu persalinan seorang ibu yang sementara melahirkan di kursi penumpang.

Petugas kemudian terlihat menggendong bayi yang menangis.

Rupanya dua petugas kesehatan yang menolong ibu melahirkan itu adalah petugas public safety center (PSC) 119 Kabupaten Madiun. Lokasi posko PSC berada di pinggir jalan Surabaya-Madiun, Kabupaten Madiun.

Keterangan petugas

Petugas PSC 119 Elvira Indiana yang dikonfirmasi Kamis (28/3/2024) menyatakan peristiwa persalinan seorang pemudik di dalam bus terjadi Minggu (24/3/2024) malam.

Ibu itu melahirkan di dalam bus saat perjalanan mudik menuju ke Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Elvira mengetahui seorang ibu melahirkan di dalam bus setelah kondektur bus Mila datang ke kantornya. Kondektur bus itu memberitahukan salah satu penumpang hendak melahirkan.

“Kami tim PSC 119 Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun mendapat informasi dari kondektur bus yang kebetulan melintas di depan kantor kami. Kondektur itu memberitahukan katanya ada penumpang yang melahirkan,” ujar Elvira.

Menurut Elvira, bus itu sempat melewati kantor PSC. Namun setelah melihat mobil ambulans parkir di depan kantor, pengemudi bus memundurkan kembali.

“Akhirnya bus itu mundur lalu minta pertolongan kepada tim medis untuk membantu salah satu penumpangnya yang melahirkan,” ungkap Elvira.

Namun saat dirinya masuk ke bus, kata Elvira, perempuan itu sudah melahirkan bayinya.

Untuk itu saat masuk bus, dirinya hanya melakukan pemotongan tali pusar.

“Kemudian kami rujuk ke RSUD dr. Soedono untuk dilakukan observasi. Setelah dirawat beberapa hari di rumah sakit sudah dijemput keluarganya dibawa pulang,” demikian Elvira.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/28/112857678/pemudik-melahirkan-di-dalam-bus-mila-di-exit-tol-madiun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke