Salin Artikel

TNI AL Sediakan Mudik Gratis Pakai Kapal Perang Berangkat dari Surabaya, Simak Syarat dan Ketentuannya

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal V, Letkol Eko Hadi Setyawan mengatakan, program itu untuk mengurangi masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor.

"Mudik gratis menggunakan kapal perang ini untuk membantu pemerintah, untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan," kata Eko, ketika dihubungi melalui telepon, Rabu (27/3/2024).

Rencananya kapal perang yang digunakan dalam program mudik gratis tersebut adalah KRI Banda Aceh. Kendaraan itu akan berangkat dari Jakarta - Semarang - Surabaya.

Sedangkan kapal perang tersebut akan menaikkan dan menurunkan penumpang dari Surabaya - Semarang - Jakarta, saat periode arus balik.

"Keberangkatan tiba di Surabaya tanggal 7 April 2024, untuk arus balik berangkat dari Surabaya, 13 April 2024. Itu yang diakomodir karena penduduk terbanyak ada di Jawa," jelasnya.

Mudik gratis menggunakan kapal perang tersebut untuk sementara menyediakan kuota hingga 1.000 pemudik. Masyarakat bisa mendataftarkan diri ke Mako Lantamal V Surabaya.

"Nanti berangkatnya dari Koarmada II, cuman pendaftaranya di Lantamal V Surabaya. Perintah dari pusat kalau sudah tercapai 1.000 penumpang ditutup, nanti saya menunggu petunjuk lagi," ujarnya.

Terkait syarat, masyarakat diharuskan membawa fotocopy KTP, fotocopy STNK dan BPKB sepeda motor, dan bersedia tanda tangan mematuhi peraturan dinas selama di atas kapal perang.

"Silahkan masyarakat yang ingin menggunkanan KRI gratis untuk mudik, mumpung kuotanya masih banyak. Daripada naik sepeda motor resikonya tinggi di jalan," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/28/053646678/tni-al-sediakan-mudik-gratis-pakai-kapal-perang-berangkat-dari-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke