Salin Artikel

Pemilik Lupa Matikan Kipas Angin, Rumah di Situbondo Hangus Terbakar

SITUBONDO, KOMPAS.com - Rumah milik Sugiyanto (50), warga Dusun Tanjung Sari Barat, Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, hangus terbakar pada Rabu (27/3/2024).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Sruwi Hartanto membenarkan kejadian kebakaran tersebut. Pihaknya melakukan pemadaman sampai selesai dan satu rumah hangus terbakar.

"Diduga peristiwa kebakaran akibat korsleting listrik dari menghidupkan kipas angin dan lupa dimatikan lalu ditinggal pergi oleh korban," kata Sruwi.

Dia menyatakan, kebakaran itu terjadi pada pukul 05.00 WIB. Korban saat itu selesai sahur dan shalat subuh langsung pergi ke tempat gilingan padi dan meninggalkan kipas angin yang sedang menyala.

"Korban saat itu pergi ke tempat selep padi (gilingan gabah) namun saat ditinggalkan ada kobaran api yang keluar dari dalam rumah," katanya.

Para warga yang melihat secara bergotong-royong mematikan api dengan alat seadanya. Salah satu warga juga memanggil pihak pemadam kabakaran. Selang beberapa menit petugas datang ke lokasi.

"Proses pemadaman sekitar 2 jam dan api sulit dipadamkan karena sudah terlalu besar," katanya.

Sruwi menyatakan, korban mengalami kerugian hingga Rp 200 juta. Bangunan sepanjang 14 meter, lebar 8 meter, dan tinggi 6 meter hangus terbakar api. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

"Selain pemadaman kami melakukan pengkajian kebutuhan setelah itu penyaluran bantuan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/27/171416078/pemilik-lupa-matikan-kipas-angin-rumah-di-situbondo-hangus-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke