Salin Artikel

Ratusan Pasien RS Unair Dipindahkan ke Tempat Parkir Imbas Gempa Tuban

Berdasarkan pantuan Kompas.com, tampak ratusan pasien berjajar memenuhi kawasan tempat parkir rumah sakit yang berada, di Jalan Dharmahusada Permai, Mulyorejo, Surabaya tersebut.

Sedangkan, sejumlah perawat menggunakan pakaian tugas terlihat berkeliling di sekitar lokasi. Mereka tampak memeriksa satu per satu pasien yang telentang di tempat tidurnya.

Tak hanya itu, beberapa petugas BPBD berseragam oranye juga terlihat berada di sekitar tempat parkir RSUA. Mereka mulai memasang tenda untuk tempat berteduh para pasien.

Salah satu keluarga pasien, Abdullah (28) mengatakan, masih berada di lantai lima bangunan ketika gempa mengguncang lokasi tersebut. Saat itu, dia masih menemani anaknya yang tengah dirawat.

“Saat kejadianya itu, awalnya cuman goncangan, saya langsung lari dengan istri saya dan menggendong anak,” kata Abdullah, ketika berada di RSUA, Jumat (22/3/2024).

Abdullah melihat sejumlah plafon mulai berjatuhan, ketika berlari keluar dari bangunan tersebut. Kemudian, dia diminta untuk tidak masuk dulu ke dalam rumah sakit sejak pukul 18.30 WIB.

“Kami dianjurkan sama perawatnya agar menjauh dari gedung. Takut juga sama plafon karena sempat lihat runtuh,“ jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, total ada sebanyak 160 pasien yang dipindahkan keluar. Meski demikian, pelayanan medis tetap berjalan.

"Ada 160-an pasien, ICU 60 pasien, kemudian pasien dewasa 80 pasien, sisanya anak-anak. Sednag dipersiapkan layanan di ruang tertentu, sehingga pelayanan medis berjalan dengan lancar," kata Hebi.

Hebi belum mengetahui sampai kapan para pasien RSUA tersebut akan menempati lokasi parkir. Petugas akan terlebih dahulu memastikan kemanan gedung sebelum kembali ke kamar.

"Jadi ada beberapa gedung di sini (RSUA) yang disambung, sambungan gajah dan itu bukan tempat perawatan pasien. Sebenarnya tidak terlalu dampak kepada pasien," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/22/220153078/ratusan-pasien-rs-unair-dipindahkan-ke-tempat-parkir-imbas-gempa-tuban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke