Salin Artikel

Gempa Susulan M 6,5 Tuban, Warga Trenggalek Berhamburan

Getaran gempa juga terasa dan membuat warga di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur panik.

Menurut warga Trenggalek, getaran gempa susulan terasa lebih besar daripada gempa sebelumnya.

"Awalnya suara gemuruh serta perabot di gantungan bergerak. Ternyata gempa lumayan kencang langsung lari keluar," terang salah satu pengunjung sebuah rumah makan di Trenggalek, Jawa Timur, Dwi Restu, Jumat (22/09/2024).

Sedangkan Humas RSUD dr. Soedomo Trenggalek Mujiono menjelaskan, pada saat gempa yang terjadi sepanjang hari ini, Jumat (22/03/2024) tidak ada kepanikan yang berarti, baik dari pasien maupun para perawat.

"Tidak terjadi kepanikan yang berarti. Setiap karyawan dan perawat sudah terlatih tanggap darurat. Dan juga mereka latihan rutin," terang Humas RSUD dr. Soedomo Trenggalek Mujiono, Jumat.

Selain itu, di rumah sakit tersebut sudah terdapat rambu-rambu evakuasi apabila terjadi gempa dan kebakaran.

"Jadi tanpa kita arahkan, para pengguna layanan serta pegawai sudah memahami harus kemana dan bagaimana apabila terjadi kedaruratan," terang Mujiono.

Guncangan gempa bumi susulan yang berpusat di 130 kilometer Timur Laut Tuban tersebut terasa selama sekitar 10 detik hingga 15 detik.

"Gempa terasa selama sepertinya selama 15 detik. Lumayan lama awal sudah terasa kencang, semakin kencang kemudian lama kalamaan selesai," terang warga.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek Triadi Atmono menjelaskan, gempa bumi susulan tersebut terasa lebih kencang.

Meski demikian, warga diimbau agar tidak panik serta tidak mudah percaya terhadap berita yang belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Kami imbau masyarakat agar tidak panik, tetap tenang namun waspada. Juga agar tidak mudah percaya terhadap berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya," ujar Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek Triadi Atmono.

Dia mengaku belum ada laporan kerusakan bangunan maupun korban imbas gempa susulan magnitudo 6,5 tersebut. Saat ini, tim di lapangan masih melakukan pemantuan di berbagai wilayah di Kabupaten Trenggalek.

"Belum ada laporan kerusakan bangunan maupun korban yang masuk ke posko BPBD Trenggalek. Tim di lapangan saat ini masih melakukan pemantauan, mengkompulir barangkali ada dampak. tapi masih belum," ujar Triadi.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/22/174243978/gempa-susulan-m-65-tuban-warga-trenggalek-berhamburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke