Salin Artikel

Pedagang di Surabaya Laporkan Anggota Satpol PP, Dugaan Pelecehan Seksual

Kuasa hukum korban dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya, Achmad Roni mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di sekitar Pasar Kutisari, Tenggilis Mejoyo, Rabu (13/3/2024).

Ketika itu, kata Roni, sejumlah anggota Satpol PP Surabaya mendatangi lokasi tersebut untuk menertibkan pedagang. Mereka diminta menempati lokasi baru yang sudah disediakan pemerintah.

"Masalah penertiban PKL (pedagang kaki lima) pasar ini sudah terjadi sejak awal Januari (2024)," kata Roni, ketika dihubungi melalui telepon, Kamis (21/3/2024).

Pedagang awalnya mau menuruti permintaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk pindah. Namun, pendapatan mereka mengalami penurunan saat menempati pasar baru itu.

"Saat penertiban itu, entah kenapa ada pengangkutan barang milik pedagang. Kemarin-kemarin (sebelumnya) Satpol PP datang hanya memperingatkan dan mendata," jelasnya.

Kemudian, para pedagang yang tidak mau jualannya diangkut pun berusaha mempertahankan. Sedangkan, sejumlah anggota Satpol PP terus berusaha menghalangi.

"Ketika mempertahankan barang daganganya, ada oknum Satpol PP kemudian merangkul dari belakang dengan mengenai bagian intim atau payudara, dari salah satu pedagang perempuan," ucapnya.

Awalnya, perempuan berumur 39 tahun tersebut masih berusaha mengambil kembali daganganya.

Selanjutnya, dia baru merasa ketakutan akan tindakan salah satu anggota Satpol PP itu.

"Ada rasa trauma, dalam arti sebagai perempuan digitukan pasti takut, kalau dilaporkan bagaimana dia, kalau enggak dilaporkan nanti pas penertiban digitukan lagi," ujarnya.

Akhirnya, pedagang itu memutuskan melaporkan tindakan yang dialaminya tersebut ke Polda Jawa Timur (Jatim) dengan tujuan, aparat kepolisian menyelidiki perkaranya.

"Kita sudah melakukan pelaporan ke SPKT Polda Jatim, dengan membawa bukti permulaan itu video. Sudah diterima sama SPKT, kemudian dilakukan proses untuk pelaporan itu," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/22/133705578/pedagang-di-surabaya-laporkan-anggota-satpol-pp-dugaan-pelecehan-seksual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke