Salin Artikel

Khofifah Sebut Emil Dardak Cawagub Lagi, Gerindra Jatim Menghormati

Khofifah sebelumnya menyebutkan nama Emil Elistianto Dardak sebagai calon pendampingnya di Pilkada Jatim 2024.

"Soal cawagub terserah Bu Khofifah. Yang pasti Partai Gerindra mendukung Khofifah sebagai cagub Jatim di periode kedua nanti," kata Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad dikonfirmasi Kamis (21/3/2024).

Selain sebagai cawagub petahana, Emil Dardak juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jatim yang perolehan hasil Pilegnya jauh dibanding Partai Gerindra yang menang signifikan.

Partai Gerindra masuk sebagai partai dengan perolehan hasil Pileg 2024 tertinggi ketiga di Jatim setelah PKB dan PDI-P dengan perolehan 3.589.052 suara. 

Perolehan kursi DPRD Jatim Partai Prabowo Subianto ini pun bertambah signifikan dari 15 kursi menjadi 21 kursi.

Sementara Partai Demokrat di Jatim berada di peringkat ke-5 dengan perolehan 1.872.353 suara. Perolehan kursi DPRD Jatim merosot dari 14 kursi menjadi 11 kursi.

Sampai saat ini, sudah ada empat partai yang sudah mendeklarasikan dukungan untuk Khofifah pada Pilkada Jatim 2024.

Keempat partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat yang juga mengusulkan nama Emil Dardak sebagai cawagub Jatim.

Khofifah-Emil menuntaskan periode pertama sebagai gubernur dan wakil Gubernur Jatim pada 13 Februari 2024 lalu.

Khofifah-Emil adalah pasangan gubernur dan wakil Gubernur Jatim terpilih pada Pikada Jatim 2019. Pasangan ini menang melawan pasangan Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarnoputri.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/21/181221478/khofifah-sebut-emil-dardak-cawagub-lagi-gerindra-jatim-menghormati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke