Salin Artikel

Satpol PP Surabaya Segel Tempat Biliar karena Beroperasi Saat Ramadhan

Sub Koordinator Penindakan Satpol PP Surabaya Agnis Juistityas mengatakan, penyegelan tersebut berawal dari laporan kecamatan yang mengetahui tempat biliar itu masih buka.

"Kami konfirmasikan kepada Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Serta Pariwisata (Disbudporapar) terkait hal tersebut," kata Agnis usai melakukan penyegelan.

Koordinasi dengan Disbudporapar tersebut dilakukan untuk memastikan apakah tempat biliar itu termasuk yang mendapatkan izin operasi selama bulan suci Ramadhan atau tidak.

“Setelah kami cek, ternyata tempat billiar ini tidak termasuk ke daftar tempat yang diperbolehkan beroperasi," jelasnya.

Diketahui, ada sembilan tempat biliar di Surabaya yang diperbolehkan buka saat Ramadhan, yakni, Galaksi Biliar, Strike, Koko 9 Ball, Hot Shot, Option, Golden Snitch, Seven, Kaza, serta City Ball.

"Sembilan tempat billiar itu diizinkan tetap beroperasi hanya untuk keperluan kegiatan latihan olahraga atas rekomendasi KONI, dengan ketentuan tidak menjual minuman beralkohol," ujarnya.

Dengan demikian, salah satu lokasi bermain biliar di Wonocolo tersebut melanggar Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya Nomor: 100.3.4/4839/436.8.6/2024 tentang Pelaksanaan Ibadah selama bulan suci Ramadhan.

"Sehingga kami berikan sanksi dengan tindak pidana ringan (tipiring) untuk diberhentikan beroperasi sementara," ucapnya.

Agnis pun mengimbau agar semua pengelola tempat hiburan malam di Surabaya untuk menghormati Ramadhan, yakni dengan menutup sementara waktu hingga bulan suci ini selesai.

"Masyarakat juga dapat menginfokan kepada kami (Satpol PP) jika menemukan tempat RHU (Rekreasi Hiburan Umum) yang masih buka, nanti akan segera kami tindak lanjuti," ucapnya.

"Kemudian untuk pelaku usaha RHU yang lainya, diharapkan dapat menaati surat edaran yang telah dikeluarkan oleh pemerintah kota untuk meminimalisir adanya pelanggaran,” tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/21/073341978/satpol-pp-surabaya-segel-tempat-biliar-karena-beroperasi-saat-ramadhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke