Salin Artikel

Malu Hamil di Luar Nikah, Santriwati di Kediri Buang Bayi yang Baru Dilahirkan

Saat itu, Supiatun baru saja pulang dari salat tarawih. Temuan bayi dengan tali pusar yang belum terpotong sempurna itu pun dilaporkan ke perangkat desa dan juga bidan.

Sang bayi yang masih hidup itu kemudian dilarikan ke RS Bhayangkara Kota Kediri untuk mendapat perawatan.

Dari hasil penyelidikan, polisi mengamankan ASN (19), seorang santriwati yang tinggal di sebuah pondok pesantren di dekat lokasi penemuan bayi.

Dalam interogasi awal, perempuan asal Sumatera itu telah mengakui bahwa dirinya yang membuang bayi sekaligus sebagai ibu dari bayi tersebut.

ASN kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan setelah melahirkan.

Malu hamil di luar nikah

Kasat Reskrim Polres Kediri, AKP Fauzy Pratama mengatakan ASN seorang diri saat melakukan persalinan. Karena malu belum menikah, ASN pun membuang bayinya ke teras rumah warga pada Minggu (17/3/2024).

"Motifnya karena terduga pelaku ini malu dan takut ketahuan telah memiliki bayi. Akhirnya nekat membuang bayi tersebut di rumah warga yang tidak jauh dari pondoknya," paparnya, Rabu (20/3/2024).

AKP Fauzy Pratama menambahkan ayah dari bayi belum terungkap lantaran kondisi ASN masih dirawat di rumah sakit.

Selama di pondok, ASN menyembunyikan kehamilannya dan sampai melahirkan, tidak ada orang yang mengetahui.

"Kalau dari keterangan terduga pelaku memang tidak ada yang tahu soal kehamilannya apalagi sampai melahirkan. Jadi pindah ke sini (Kediri) sudah dalam kondisi hamil," tuturnya.

Sementara itu Kapolres Kediri, AKBP Bimo Ariyanto memastikan bayi mendapat perawatan yang memadai.

"Alhamdulillah kondisi bayi sangat baik. Terus membaik apalagi sudah ditangani dengan tepat di sini (RS Bhayangkara). Informasi yang didapat juga berat badannya naik, sekarang jadi 2,7 kilogram," jelasnya.

"Untuk perkembangan masih dalam penyelidikan dan didalami oleh Satreskrim Polres Kediri. Nanti akan kami informasikan apabila sudah ada perkembangan lebih lanjut," ungkap dia.

Sementara itu pimpinan pondok pesantren, Mustofa mengatakan ASN baru masuk ke pondoknya sekitar 2,5 bulan lalu.

Ternyata saat masuk ponpes, ASN dalam kondisi hamil. Tapi tidak ada yang mengetahuinya.

"Alhamdulillah ibu dari bayi sudah ditemukan dan mau mengakui perbuatannya. Anak (ibu bayi) berasal dari Sumatera yang mondok di Jawa Tengah," kata dia Selasa (19/3/2024).

"Baru bermukim di rumah saya sekitar 2,5 bulan. Sama sekali tidak mengira dan menduga anak tersebut melahirkan seorang bayi dan setelah lahir dibuang," tambah dia.

Mustofa menjelaskan AS melahirkan saat seisi ponpes sedang menjalankan salat tarawih. Bayi tersebut dimasukkan ke dalam kardus dan dibuang ke teras rumah warga.

Menurut Mustofa, kasus ini mencoreng nama baik ponpes serta nama baiknya sebagai tokoh agama.

"Saya turut menerima imbasnya. Ini ujian saya sekeluarga di bulan suci Ramadhan, semoga saya sekeluarga diangkat derajatnya," kata dia.

"Mengapa saya jelaskan ini supaya tidak menimbulkan fitnah. Semoga saya diberi sabar dan tabah untuk ngurus santri lainnya," tambah dia.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: M Agus Fauzul Hakim | Editor: Pythag Kurniati), Tribun Jatim

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/20/163600278/malu-hamil-di-luar-nikah-santriwati-di-kediri-buang-bayi-yang-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke