Salin Artikel

BI Jember Sediakan Uang Pecahan Rp 1,9 Triliun untuk Lebaran, Ini Lokasi Penukarannya

Masyarakat bisa menukar uang baru di sejumlah tempat yang sudah ditentukan.

Kepala KPwBI Jember Gunawan menjelaskan Bank Indonesia sudah meluncurkan program penukaran uang pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024.

Menurut dia, pada tahun ini ada penguatan program di antaranya penambahan nominal paket penukaran menjadi Rp 4 juta per paket.

Hal itu untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup dan jenis pecahan yang sesuai dan dalam kondisi ang layak edar.

"Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember bekerja sama dengan perbankan menyiapkan uang tunai sebesar Rp 1.990.477.000.000," kata dia saat konferensi pers, Selasa (19/3/2023).

Dia mengatakan jumlah proyeksi kebutuhan uang tunai menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 yang telah disampaikan oleh perbankan di wilker KPwBI Jember sebesar Rp 1.964.699.000.000.

Untuk itu, KPwBI Jember melakukan persiapan dan koordinasi dengan perbankan serta infrastruktur sistem pembayaran nontunai untuk memastikan kegiatan transaksi nontunai berjalan dengan lancar.

Dia menambahkan penukaran uang dilakukan di wilayah Jember, Situbondo, Bondowoso, Lumajang dan Banyuwangi.

"Layanan Kas Keliling Bersama Perbankan (BRI, Bank Mandiri, Bank Jatim dan CIMB Niaga ) di Kabupaten Jember direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2024 di Roxy Mall sekaligus pelaksanaan Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 KPwBI Jember," papar dia.

Selain itu, layanan penukaran di Alun-alun Jember bersama perbankan direncanakan pada tanggal 2 April 2024.

"Kas keliling dalam kota dan luar kota juga digencarkan selama Ramadan hingga menjelang Idul Fitri tahun 2024 yang diagendakan sebanyak 8 kali termasuk kas keliling pada area mudik yaitu di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan Pelabuhan Jangkar Situbondo pada awal April 2024," papar dia.

Dia menjelaskan masyarakat yang akan melakukan penukaran melalui layanan yang disediakan oleh KPwBI Jember dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR.

KPwBI Jember mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak dan mencermati ciri-ciri keaslian Uang Rupiah dengan senantiasa menerapkan 3D. Yaitu dilihat, diraba dan diterawang.

"Belanja bijak diwujudkan dengan belanja sesuai kebutuhan, tidak berlebihan, memastikan kualitas setara dengan harga, dan tidak menimbun pembelian agar masyarakat yang lain juga bisa menikmati," tutur dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/19/151112178/bi-jember-sediakan-uang-pecahan-rp-19-triliun-untuk-lebaran-ini-lokasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke