Salin Artikel

Antisipasi Ada Uang Palsu, BI Malang Imbau Masyarakat Gunakan Layanan Resmi untuk Tukar Uang Pecahan Baru

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk bisa menukarkan di outlet resmi, maupun juga perbankan ya, ini ada perbankan yang bisa memfasilitasi penukaran," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Febrina pada Selasa (19/3/2024).

Menurutnya, layanan resmi penukaran uang dapat mudah dilakukan masyarakat.

Salah satunya menggunakan fasilitas cashless melalui QRIS yang memudahkan masyarakat tidak perlu mengambil uang dahulu untuk ditukarkan.

"Juga melakukan penukarannya dengan QRIS, jadi nanti ada di layanan terpadu kita akan melakukan scan QRIS untuk bisa menukarkan uang, jadi tidak perlu mengambil uang dulu baru ditukarkan," katanya.

Febrina memaparkan, data yang ada selama Januari 2023 hingga awal tahun 2024 ditemui adanya peredaran 400 lembar uang palsu.

"Untuk data yang kami peroleh dari perbankan kemarin sudah kami catat ada sekitar 400 lembar, kalau dari Januari-Februari selama 2023 dan sampai tahun 2024 awal untuk uang palsunya," katanya.

Pihaknya tetap mengimbau masyarakat tetap waspada dan tidak lupa menerapkan 3 D (dilihat, diraba, diterawang).

"Jadi kami tetap mengimbau masyarakat tetap waspada terutama kenali sesuai dengan video video tadi supaya disampaikan tadi 3 D dilihat, diraba, diterawang itu yang utama," katanya.

Sebagai informasi, Kantor Perwakilan BI Malang memfasilitasi tiga layanan penukaran uang yang disiapkan, yakni melalui layanan kas keliling, layanan penukaran terpadu, dan layanan penukaran di outlet perbankan.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui media sosial BI Malang, seperti Instagram.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/19/140300878/antisipasi-ada-uang-palsu-bi-malang-imbau-masyarakat-gunakan-layanan-resmi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke