Salin Artikel

Pemkot Malang Buka Program Mudik Gratis 2024, 10 Bus Disiapkan

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang membuka program mudik gratis hari raya Idul Fitri 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Widjaja Saleh Putra mengatakan, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari terselenggaranya mudik gratis 2024 ini. Yakni, menekan inflasi dari kebutuhan transportasi, serta mengurangi tingkat kecelakaan dan penggunaan sepeda motor untuk mudik bisa berkurang.

"Diharapkan, adanya mudik gratis ini bisa menekan inflasi dan mengurangi tingkat kecelakaan. Karena kebutuhan begitu tinggi, seperti tiket pesawat dan bus juga menjadi faktor," kata Widjaja, Senin (18/3/2024).

Program mudik gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mudik ke kampung halamannya. Terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dilengkapi untuk mengikuti program tersebut.

"Kami menyiapkan sebanyak 10 bus dengan jumlah total sebanyak 450 kursi," katanya.

Untuk lokasi pendaftarannya berada di Terminal Madyopuro Jalan Danau Jonge No 1 Kecamatan Kedungkandang. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 18 sampai dengan 22 Maret 2024 pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB.

Kemudian, untuk persyaratan yang harus dipenuhi yaitu KTP dan Kartu Keluarga asli Kota Malang, fotokopi KTP dan Kartu Keluarga, atau fotokopi Kartu Keluarga (bagi umur di bawah 17 tahun).

Sebagai informasi, ada sejumlah 9 jalur mudik yang disiapkan dalam program mudik gratis 2024 tersebut.

Yaitu, jalur Malang - Blitar - Tulungagung - Trenggalek - Ponorogo, jalur Malang - Blitar - Kediri - Jombang - Nganjuk - Madiun - Ngawi, jalur Malang - Lamongan - Bojonegoro dan jalur Malang - Lamongan - Tuban.

Ada juga jalur Malang - Probolinggo - Situbondo - Banyuwangi, jalur Malang - Probolinggo - Lumajang - Jember - Banyuwangi, jalur Malang - Bangkalan, jalur Malang - Sampang - Pamekasan, dan jalur Malang - Sampang - Pamekasan - Sumenep.

Nantinya, mudik gratis ini akan diberangkatkan pada Sabtu (6/4/2024) pukul 07.00 WIB di depan Balai Kota Malang.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/18/162837878/pemkot-malang-buka-program-mudik-gratis-2024-10-bus-disiapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke