Salin Artikel

Catat, Bakal ada 79 Event Pariwisata di Banyuwangi Sepanjang 2024

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sebanyak 79 event skala nasional hingga internasional, bakal menjadi sajian menarik bagi wisatawan sepanjang tahun 2024 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Event-event tersebut terangkum dalam sebuah acara bernama Banyuwangi Festival (B-Fest) 2024.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan, 79 event terpilih itu berasal dari banyak usulan berbagai pihak yang diseleksi oleh tim kurator.

"Para kurator telah melakukan seleksi event-event yang diangkat masuk dalam kalender B-Fest 2024," kata Ipuk, Sabtu (16/3/2024).

Seperti International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) yang banyak diminta agar digelar kembali.

International Tour de Banyuwangi Ijen

Menurut Ipuk, ITdBI merupakan salah satu event yang paling ditunggu oleh masyarakat Banyuwangi, setelah empat tahun absen karena Covid-19.

"Selain memberikan suguhan atraksi sport tourism, ITdBI juga mampu memberikan efek sosial dan ekonomi pada masyarakat," ujar Ipuk.

Event yang menghadirkan para pembalap kelas satu dunia ini, lanjut Ipuk, bakal kembali digelar pada 22-25 Juli 2024 mendatang.

"Setiap bulannya, akan ada belasan event menarik yang bakal digelar di Banyuwangi. Ini akan manjadi daya tarik utama bagi para wisatawan dari dalam dan luar negeri," ungkap Ipuk.

Istri Menpan RB, Abdullah Azwar Anas itu berharap event dalam B-Fest tahun ini bakal mendorong peningkatan ekonomi warga Banyuwangi.

"Selain itu B-Fest juga telah menjadi alat konsolidasi masyarakat Banyuwangi," terang Ipuk.

Selain ITdBI, sejumlah event berkelas juga akan meramaikan B-Fest tahun 2024 ini.

Sebut saja Banyuwangi Ethno Carnival 9-14 Juli, Gandrung Sewu 24-26 Oktober, Jazz Festival 24 Agustus, hingga tradisi Kebo-keboan yang akan digelar pada 21 Juli.

Gandrung Sewu dan BEC ini merupakan agenda yang masuk dalam agenda Kalender Event Nasional (KEN) Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Ini juga salah satu yang paling dinanti oleh masyarakat," tandas Ipuk.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/17/160400978/catat-bakal-ada-79-event-pariwisata-di-banyuwangi-sepanjang-2024-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke