Salin Artikel

Harga Eceran Elpiji 3 Kg di Tuban Tembus Rp 25.000 Sejak Awal Ramadhan

TUBAN, KOMPAS.com - Harga eceran elpiji bersubsidi kemasan tabung 3 kilogram di beberapa wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, melejit hingga tembus Rp 25.000 sejak awal bulan Ramadhan.

Selain mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi, ketersediaan elpiji 3 kilogram juga sulit didapatkan warga.

Kenaikan harga dan kelangkaan elpiji 3 kilogram tersebut di antaranya terjadi di Kecamatan Bangilan, Jatirogo, Kenduruhan dan Grabagan.

Warga Kecamatan Bangilan, Inayah mengaku, harga eceran elpiji 3 kilogram bersubsidi di kampungnya naik dan sulit didapatkan.

"Kemarin beli di toko eceran masih harga Rp 23.000, sekarang naik jadi Rp 25.000, mau tidak mau tetap membeli karena butuh untuk masak," kata Inayah saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (16/3/2024).

Bahkan, untuk memperoleh elpiji 3 kilogram bersubsidi tersebut, sejumlah warga harus membeli hingga ke desa lain lantaran stok di toko eceran di desanya sering kosong.

Hal yang sama dikeluhkan juga oleh Fitri, seorang ibu rumah tangga di Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Menurut Fitri, sulitnya memperoleh elpiji 3 kilogram bersubsidi di wilayah Kecamatan Jatirogo sudah berlangsung beberapa hari terakhir.

"Sudah 5 hari ini elpiji 3 kilogram sulit didapat, kalaupun ada harganya sekarang cukup mahal sampai Rp 25.000," Kata Fitri saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/3/2024).

Fitri juga mengeluhkan kenaikan harga dan sulitnya memperoleh elpiji bersubsidi kemasan tabung 3 kilogram saat ini sangat membebani warga.

Padahal, harga ecer tertinggi (HET) elpiji 3 kilogram bersubsidi sesuai dengan ketentuan pemerintah di tingkat pangkalan seharga Rp 16.000 per tabung.

"Kepinginnya sih, gampang dapat barangnya dan harganya juga terjangkau sesaui ketentuan pemerintah," ujarnya.

Wilayah Kabupaten Tuban saat ini terdapat 28 agen resmi Pertamina yang melayani sebanyak 1.269 pangkalan resmi elpiji bersubsidi kemasan tabung 3 kilogram.

Untuk wilayah Kecamatan Jatirogo sendiri terdapat 8 agen dan 85 pangkalan, sehingga rata-rata setiap desa di Kecamatan Jatirogo ada 4 pangkalan yang melayani warga.

"Jadi, untuk ketersediaan stok elpiji kemasan 3 kilogram di Kabupaten Tuban saat ini sangat aman," kata Taufik Kurniawan kepada Kompas.com, Minggu (17/3/2024).

Taufik menjelaskan, kenaikan harga biasanya terjadi di tingkat pengecer atau retail yang menjual dengan harga di atas harga eceran tertinggi yang telah ditentukan pemerintah.

"Untuk pengawasan di tingkat pengecer itu ranah kewenangannya Diskoperindag bukan ranah kami," ungkapnya.

Dia menyarankan warga yang ingin membeli elpiji bersubsidi kemasan 3 kilogram dengan harga sesuai dengan ketentuan pemerintah bisa langsung di tempat pangkalan resmi.

"Kalau warga tidak tahu lokasi pangkalan resmi yang terdekat bisa menghubungi call center Pertamina," tandasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/17/150839578/harga-eceran-elpiji-3-kg-di-tuban-tembus-rp-25000-sejak-awal-ramadhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke