Salin Artikel

Pj Wali Kota Batu Sebut Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Saat Ramadhan Tak Bisa Dihindari

Hal itu dia sampaikan usai mendatangi kegiatan Gerakan Pangan Murah yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu di Kantor Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur pada Jumat (15/3/2024).

"Ini kan memasuki bulan suci Ramadan, kebutuhan masyarakat semakin tinggi, karena memang konsumsi masyarakat di bulan suci Ramadhan ini meningkat, oleh sebab itu diharapkan harga-harga kebutuhan pokok di pasaran tidak meningkat, tapi tidak bisa kita cegah juga karena kenaikan itu pasti ada di bulan suci Ramadhan," jelas Aries.

Menurutnya, kegiatan Gerakan Pangan Murah digelar untuk menjaga daya beli dan kebutuhan konsumsi masyarakat terpenuhi. Sebab, kenaikan harga-harga kebutuhan pokok tidak bisa dihindarkan.

"Pasti ada kenaikan harga, tidak mungkin dihindari di bulan suci Ramadhan, pasti ada kenaikan itu," katanya.

Pihaknya menggandeng Bulog dengan menggelontorkan 5 ton beras SPHP dengan harga jual setiap kemasan 5 kilogram yakni Rp 50.000. Kemudian, 100 kemasan gula yang masing-masing berisi 1 kilogram dengan harga jual Rp 15.000.

Selain itu, juga ada 240 kemasan Minyak Goreng dengan masing-masing 1 liter dan harga jual Rp 15.000.

"Seperti beras 5 ton, gula 100 kemasan, minyak goreng tidak banyak juga, karena bulog sendiri sementara juga mengadakan pasar murah di berbagai wilayah, oleh sebab itu secukupnya saja mudah-mudahan kebutuhan masyarakat terpenuhi di berbagai wilayah," katanya.

Pemkot Batu juga memberikan subsidi terhadap harga-harga kebutuhan pokok yang dijual. Seperti beras SPHP dari harga Bulog Rp 51.000 menjadi Rp 50.000. Begitu juga gula dan minyak goreng yang tadinya Rp 16.000 menjadi Rp 15.000.

"Telur Rp 29.000 setiap kilogram, kalau di pasaran Rp 30.00, Rp 31.000," katanya.

Dia mengungkap, kuota bahan pangan dari Bulog yang diberikan hanya secukupnya saja karena kegiatan pasar murah dan semacamnya juga ada di berbagai daerah kota/ kabupaten lainnya.

Selain itu, pihaknya tidak hanya menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah atau semacamnya hari ini saja, tetapi juga kedepan melalui dinas lainnya.

Sedangkan, kegiatan Gerakan Pangan Murah rencananya juga akan digelar di Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan Junrejo sesuai kebutuhan.

"Karena ini tidak hanya satu titik saja, karena Diskoperindag akan melaksanakan operasi pasar, mudah-mudahan ini secara masif dilakukan sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi di wilayah Kota Batu dengan harga sesuai kebutuhan," katanya.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut, dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu juga memberi subsidi pada harga daging sapi yang dijual dari Rp 116.000 menjadi Rp 106.000 setiap kilogram. Daging sapi seberat 25 kilogram yang disiapkan ludes terbeli.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Heru Yulianto mengatakan, untuk kegiatan Gerakan Pangan Murah di dua kecamatan lainnya menyesuaikan dengan kegiatan semacamnya yang digelar oleh Diskumdag Kota Batu.

"Tempatnya menyesuaikan yang Disperindag, Diskumdag melaksanakan operasi pasar, nanti yang ini satu kali, dua kali lainnya di Kecamatan Bumiaji dan Junrejo, tempat desa/ kelurahan mana nanti kita siapkan juga, pelaksanaannya kita sesuaikan, koordinasi dengan Diskumdag jangan sampai benturan," katanya.

Dalam kegiatan itu, para pembeli dibebaskan membeli sembako sesuai kebutuhan mereka, atau tidak mesti harus seluruhnya. Namun, setiap pembelian hanya dibatasi masing-masing dua item. Selain itu, para pembeli tidak hanya berlaku bagi warga Desa Oro-Oro Ombo saja, atau seluruh warga Kota Batu.

"Kita bebaskan mau beli berasnya saja, gula, atau minyak goreng, seluruhnya diperbolehkan, dengan dibatasi maksimal dua. Ini tidak hanya berlaku bagi warga Desa Oro-Oro Ombo saja, tetapi semuanya," katanya.

Pihaknya sebelumnya juga sudah menyurati Bulog untuk kegiatan tersebut serta menyebarkan informasi kegiatan itu melalui baliho dan media sosial.

Salah satu pembeli beras SPHP, Martini (55) mengatakan, bahwa harga beras tersebut di pasaran yakni Rp 72.000 kemasan 5 kilogram. Menurutnya, adanya kegiatan Gerakan Pangan Murah sangat membantu keluarganya.

"Sekarang harga sulit semua, beras, gula, telur, enggak mungkin masak dikurangi, keluarga saya banyak, satu rumah tujuh orang. Bapak (suami) kerja tukang bangunan, bayaran harian Rp 100.000. Harapannya warga, untuk harga-harga jangan naik terus-terusan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/15/134855878/pj-wali-kota-batu-sebut-kenaikan-harga-kebutuhan-pokok-saat-ramadhan-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke