Salin Artikel

Ditinggal Shalat Tarawih, Rumah di Magetan Jadi Sasaran Pencurian

MAGETAN, KOMPAS.com – Aksi pencurian terjadi di rumah warga di Desa Belotan, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada Selasa (12/3/2024) malam. Saat itu, rumah itu sedang kosong karena ditinggal pemiliknya shalat tarawih.

“Kejadiannya pada hari Selasa kemarin sekitar pukul 19.30 WIB saat rumah kosong. Kami tinggal shalat tarawih,” kata Tri Rokhani, pemilik rumah, saat ditemui di rumahnya pada Kamis (14/3/2024).

Aksi pencurian itu terekam CCTV yang dipasang di rumah itu. Dalam rekaman itu, terlihat pelaku adalah pria diperkirakan masih remaja mengenakan baju warna hitam dengan topi terbalik.

Pelaku masuk ke rumah itu dengan cara melompati tembok pagar rumah. Pelaku kemudian mencongkel jendela untuk masuk ke dalam rumah korban.

Pelaku lantas mengacak-acak rumah korban dan memasuki kamar tidur milik korban untuk mencari harta yang berharga.

“Pertama lompat tembok kemudian merusak jendela dengan dicongkel, setelah masuk rumah dia ngacak-ngacak rumah mencari HP dan uang,“ imbuhnya.

Tri Rokhani mengaku kehilangan dua ponsel, uang tunai Rp 2 juta dan ATM yang telah dikuras pelaku dengan nilai Rp 2,6 juta.

Dengan menggunakan HP itu, pelaku mentransfer uang korban dengan menggunakan aplikasi dana. Korban saat ini telah melaporkan kasus tersebut ke Polsek Bendo.

“Setelah pulang tarawih pertama nyari HP enggak ketemu, kemudian saya telepon pakai HP anak saya, bunyi tapi tidak diangkat. Yang hilang 2 HP milik saya dan cucu saya dan uang didompet Rp 1 juta dan uang sedekah subuh Rp 1 juta dan uang di ATM diambil dengan cara ditransfer ke Dana. Total uang Rp 4,6 juta,” ucapnya.

Kapolsek Bendo AKP Suharijono mengatakan, dari hasil penyelidikan melalui rekaman CCTV itu, pelaku diketahui merupakan residivis yang pernah tersandung kasus yang sama.

Pihaknya saat ini masih melakukan pengejaran terhadap pelaku yang identitasnya telah diketahui.

“Kita lidik sesuai rekaman CCTV pernah perkara juga sehingga kita lakukan penyeldikan di tempat-tempat yang dimungkinkan tempat tersangka bersembunyi. Tinggal nunggu waktu kapan pelaku ditangkap karena identitas pelaku sudah kita kantongi,” katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/15/092802678/ditinggal-shalat-tarawih-rumah-di-magetan-jadi-sasaran-pencurian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke