Salin Artikel

Saat Ratusan Marinir Muslim Tetap Berpuasa di Tengah Pendidikan Keras di Bromo

Mereka merupakan Siswa Pendidikan Komando (Dikko) Marinir Angkatan 173 Kodikmar Kodiklatal yang melaksanakan Lintas Medan (Limed).

Pendidikan Komando kali ini diikuti 502 siswa yang terdiri dari 58 Taruna AAL tingkat II Angkatan ke-71, 100 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba), dan 343 siswa Pendidikan Pertama Tantama (Dikmata) angkatan ke-43 gelombang 1 serta 1 Siswa Tandikmaba.

Menurut Ali, ratusan marinir tersebut sudah menempuh pendidikan selama 60 hari dan 10 hari lagi akan dipasang baret ungu.

Menariknya para prajurit dan pelatih yang beragama Islam tetap menjalankan ibadah puasa selama menjalani pendidikan di bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

"Fisik mereka prima dan kuat, apalagi cuaca di Bromo cukup dingin. Sampai saat ini tidak ada yang sakit. Mudah-mudahan mereka semua lulus hingga tahap akhir," kata Ali.

Lintas Medan Pendidikan Komando adalah tahap akhir dari Pendidikan Komando Marinir dengan berjalan kaki yang menggunakan pakaian tempur dari Banyuwangi sampai dengan Pantai Baruna Malang Selatan yang menempuh jarak Limed 350 Km.

Dalam Limed etape ini, seluruh peserta Dikko tetap kompak dan penuh semangat untuk menyelesaikan tahapan Limed selanjutnya yaitu, rute Brama (Probolinggo)-0Wonorejo-Gondang Legi-Srigonco-Finish di Pantai Baruna untuk melaksanakan pembaretan Siswa Dikko Marinir.

Sebelum melepas keberangkatan Limed, Kasal memberikan pembekalan kepada para siswa Dikko.

Ali menekankan agar seluruh peserta Dikko tetap semangat serta menjaga kesehatan selama menjalankan Pendidikan Komando ini.

Kasal meyakini seluruh peserta Dikko mampu untuk menyelesaikan pendidikan ini dengan baik.

Selain itu, Kasal mengikuti lintas medan tersebut dan membentangkan bendera merah putih ukuran 60 meter x 40 meter, yang nantinya dibawa oleh para ratusan marinir.

Sebelum pelatihan dimulai, digelar bakti sosial berupa cek kesehatan gratis dan pembagian sembako kepada warga di sekitar kawasan Gunung Bromo pada Rabu (13/3/2024).

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/14/220553278/saat-ratusan-marinir-muslim-tetap-berpuasa-di-tengah-pendidikan-keras-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke