Salin Artikel

Cuaca Ekstrem, Penyeberangan di Pelabuhan Jangkar Situbondo Ditutup Sementara

SITUBONDO, KOMPAS.com - Aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, ditutup sementara sejak Kamis (14/3/2024) imbas cuaca ekstrem.

Koordinator UPT Pelabuhan Pengampu Regional Banyuwangi Wilayah Kerja Jangkar Situbondo, Tri Wahyono membenarkan informasi penutupan sementara aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Jangkar.

"Iya betul karena cuaca buruk dan informasi dari BMKG aktivitas di Pelabuhan Jangkar ditutup sementara," katanya, Kamis.

Dia juga menyatakan, penutupan sementara tersebut untuk meminimalisasi adanya peristiwa adanya kecelakaan penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar menuju Madura dan Lembar, NTB.

"Kalau kondisi sudah normal maka akan dibuka kembali untuk penyeberangan Madura dan Lembar," katanya.

Penutupan aktivitas penyeberangan tersebut berdasarkan surat nomor AP.403/PPKL.T/03/III/2024. Faktor utama penundaan karena tingginya gelombang air laut antara 1 meter sampai 2 meter dengan kecepatan angin 07 sampai 25 knot berdasarkan data dari BMKG Juanda.

"Sebelumnya penyeberangan juga sempat kami tunda karena cuaca yang tidak memungkinkan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/14/132732278/cuaca-ekstrem-penyeberangan-di-pelabuhan-jangkar-situbondo-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke