Salin Artikel

8 Rumah dan 2 Pemotor Tertimpa Pohon akibat Angin Kencang di Blitar

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Ivong Bettryanto mengatakan angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Blitar sejak Selasa kemarin telah mengakibatkan puluhan pohon tumbang.

“Dari puluhan pohon itu, terdapat 8 yang menimpa rumah warga, 1 pohon menimpa pengendara sepeda motor, 1 pohon menimpa kandang sapi, dan 5 pohon menutup jalan,” ujar Ivong saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (13/3/2024) malam.

Menurut Ivong, dari 8 rumah yang tertimpa pohon terdapat 1 rumah yang roboh total, yakni rumah milik Wagiman di Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari.

“Untuk rumah yang roboh total, telah dilakukan kerja gotong royong membangun rumah sementara bagi korban,” tuturnya.

Sedangkan 7 rumah lainnya, kata dia, mayoritas roboh pada bagian atap akibat tertimpa pohon.

Robohnya rumah yang tertimpa pohon, lanjutnya, tidak menimbulkan korban manusia atau pun menyebabkan luka-luka.

Namun, lanjut Ivong, terjadi pohon tumbang di Kelurahan Tangkil, Kecamatan Wlingi, yang menimpa pengendara sepeda motor yang sedang melaju di jalan hingga mengakibatkan dua orang luka-luka ringan.

“Di Dusun Pandean, Tangkil, pohon pinisium di pinggir jalan roboh dan menimpa dua orang yang berboncengan sedang melintas. Tapi hanya mengalami luka ringan akibat tertimpa cabang dan terjatuh dari sepeda motor,” terang Ivong.

Secara keseluruhan, terangnya, bencana akibat angin kencang terjadi di 6 kecamatan di Kabupaten Blitar, yakni Kecamatan Gandusari, Kecamatan Wlingi, Kecamatan Talun, Kecamatan Nglegok, Kecamatan Garum, dan Kecamatan Doko.

Ivong mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan bantuan pada warga yang terdampak bencana angin kencang termasuk memberikan terpal untuk digunakan sebagai penutup sementara atap rumah yang roboh.

Kata Ivong, pihaknya tidak dapat memastikan kapan cuaca ekstrem angin kencang di wilayah Kabupaten Blitar akan berakhir.

Namun berdasarkan peringatan dini yang dirilis beberapa hari lalu, ujarnya, cuaca ekstrem hidrometeorologi berupa angin kencang dan hujan deras yang dapat mengakibatkan longsor dan banjir masih berpotensi terjadi hingga akhir Maret.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/13/224311478/8-rumah-dan-2-pemotor-tertimpa-pohon-akibat-angin-kencang-di-blitar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke