Salin Artikel

Presiden Jokowi Pantau Simulasi Pengiriman Bantuan untuk Gaza lewat Udara di Lanud Iswahjudi

Pemberian bantuan lewat udara dilakukan lantaran petugas kesulitan menyalurkan bantuan melalui jalur darat.

"Pertama saya bersama Pak Menhan dan Panglima ngecek upgrade pesawat tempur kita yakni F16 yang sudah di-upgrade di Lanud Iswahjudi. Kedua, kIta juga melihat peragaan nge-drop bantuan yang akan dilakukan di Gaza," kata Jokowi usai meresmikan pembangunan 33 ruas jalan di Jawa Timur di Mojopurno, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (8/3/2024).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang diberikan kesempatan untuk memberikan bantuan ke Gaza Palestina lewat udara. 

Sebelum mengirim bantuan, kata Jokowi, perlu dilakukan simulasi pemberian bantuan lewat udara dengan menggunakan pesawat Hercules.

"Tadi kita coba terlebih dahulu. Kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules. Dan ini akan segera dibawa bantuan ke Gaza dan di-drop dari udara dengan pesawat Hercules kita," katanya.

Ia mengatakan hasil simulasi berlangsung baik dan lancar. Bantuan yang diberikan Indonesia ke Gaza berupa aneka kebutuhan yang diperlukan warga di Gaza.

"Tadi sudah disimulasi dan saya melihat hasilnya baik. Bantuannya yang dibutuhkan rakyat Gaza, Palestina," kata Jokowi.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/08/123831378/presiden-jokowi-pantau-simulasi-pengiriman-bantuan-untuk-gaza-lewat-udara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke