Salin Artikel

Pengendara Motor di Magetan Terjatuh karena Tersangkut Kabel Sling Tiang PLN

MAGETAN, KOMPAS.com – Seorang pengendara motor di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, terjatuh dari sepeda motor yang dikendarainya karena tersangkut kabel PLN yang menjuntai ke jalan raya di Desa Bayem Taman, Kecamatan Kartoharjo, pada Selasa (5/3/2024).

Pengendara motor itu bernama Aji Sasmito, warga Desa Sempol, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan. Aji mengaku awalnya tidak tahu ada kabel PLN yang menjuntai melintang di jalan raya yang dilaluinya.

"Enggak sempat menghindar, enggak sempat ngerem juga kena di motor karena menjuntai ke jalan kabelnya,” ujarnya ditemui di lokasi kejadian, Selasa.

Aji yang terluka buru-buru mengindari kabel baja yang melintang di jalan karena ditakutkan adanya aliran listrik pada kabel tersebut.

Sejumlah warga juga sempat membiarkan kabel baja yang menjuntai ke jalan raya karena khawatir ada aliran listrik, apalagi kondisi hujan gerimis.

"Langsung menjauh tadi takutnya ada aliran listrik. Warga juga sempat khawatir ada aliran listrik dan tidak mendekat karena kondisi jalan juga basah,” imbuhnya.

Setelah memastikan kabel yang menjuntai di tengah jalan tersebut  merupakan kabel sling pengaman tiang, sejumlah warga kemudian mengevakuasi kendaraan Aji dari tengah jalan.

Jalan sempat macet karena pengguna jalan juga khawatir adanya aliran listrik pada kabel yang menjuntai. 

"Ini kabel sling dari tiang listrik yang roboh karena diterpa angin kencang. Kita evakuasi pohon tumbang dikasih tahu warga akhirnya kita ke sini,” ujar Darsono anggota BPBD Kabupaten Magetan yang memberikan pertolongan.

Sling yang menjuntai kemudian di potong oleh petugas PLN yang datang. Sling kabel PLN yang menjuntai merupakan kabel yang digunakan untuk menjaga tiang yang berada di seberang jalan yang roboh karena tertimpa pohon tumbang.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/05/224240878/pengendara-motor-di-magetan-terjatuh-karena-tersangkut-kabel-sling-tiang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke